Untitled-7SEBANYAK 10 mahasiswa berprestasi berhasil melewati proses seleksi PT Cargill Indonesia melalui Institute of International Education (IIE). Kesepu­luh penerima beasiswa itu berasal dari berbagai universitas terkemuka yaitu IPB Bogor, Brawijaya-Malang, UGM-Yogyakarta dan ITS-Surabaya den­gan bidang studi Pertanian, Biologi, Teknik Elektro, Teknik Industri dan Teknik Mesin. Mereka bersama ratu­san penerima beasiswa lain dari ber­bagai negara disiapkan agar memiliki daya saing global.

Corporate Affairs Director Car­gill Indonesia, Arief Susanto, men­gatakan, Cargill Global Scholars, merupakan program diselenggarakan oleh Cargill dengan memberikan bea­siswa, mentoring dan pelatihan kepe­mimpinan bagi mahasiswa berprestasi dari empat universitas negeri yang telah lulus seleksi.

“Program beasiswa ini merupakan bagian dari kegiatan Tanggungjawab Perusahaan atau Corporate Responsi­bility yang bertujuan untuk mening­katkan dan memperkaya komunitas masyarakat di negara tempat Cargill menjalankan usahanya melalui pen­didikan dengan membentuk jaringan calon pemimpin masa depan yang dapat mengembangkan berbagai ino­vasi baru dan secara positif berkontribusi kepada komunitasnya maupun masyarakat yang lebih luas,” ungkap Arief di sela media briefing di Tondano Restau­rant Klub Bogor Raya, Jumat (2/10/2015).

Baca Juga :  SMK Muara Ilmu Kota Depok, Gelar Uji Kompetensi di Hotel Asana Grand Pangrango

Ia menambahkan, Cargill memiliki komitmen yang kuat untuk turut memperkaya masyarakat dan salah satu program nyata dalam bidang pendidikan adalah melalui Cargill Global Scholars yang bertujuan untuk membantu mengembangkan potensi para calon pemimpin negara di masa depan dan memper­siapkan mereka menghadapi persaingan di pasar global sekaligus mendukung per­cepatan pertumbuhan yang dibutuhkan Indonesia.

“Karenanya bagi para ma­hasiswa berprestasi ini kami tidak hanya sebatas mem­berikan dukungan keuangan, tetapi mereka juga akan men­dapatkan dukungan dalam bentuk kesempatan untuk mengamati dan belajar dari orang lain melalui pelatihan kepemimpinan nasional mau­pun global, dan yang juga membuat program ini istime­wa adalah mereka akan men­erima mentoring dari pegawai Cargill,” tandasnya.

Cargill Global Scholars me­nyediakan beasiswa senilai USD 2,500 per orang per ta­hun sampai dengan dua tahun dan mereka akan diundang untuk mengikuti seri latihan kepemimpinan dan pening­katan kapasistas yang didesain untuk meningkatkan kemamp­uan berpikir kritis dan meleng­kapi mereka dengan hal-hal yang diperlukan untuk men­jadi pimpinan dan pengambil keputusan sesuai dengan bi­dangnya. Sebagai bagian dari latihan kepemimpinan , para mahasiswa akan mendapat seminar kepemimpinan yang dibiayai penuh selama tiga hari di Bogor, dimana mereka mendapat kesempatan berhar­ga untuk mendengar dan bela­jar dari para pemimpin usaha, komunitas maupun pimpinan Cargill.

Baca Juga :  SMK Muara Ilmu Kota Depok, Gelar Uji Kompetensi di Hotel Asana Grand Pangrango

Direktur Human Resourc­es Cargill Indonesia, Bagus Setiagung, mengatakan untuk tahun ini, Indonesia pertama kali terpilih sebagai negara peserta bersama-sama dengan lima negara lainnya yaitu Bra­zil, China, India, Russia, USA.

“Kami berharap bahwa gen­erasi pertama ini selanjutnya dapat menjadi wakil atau du­tabesar yang baik bagi kolega mereka di Universitasnya dan membagikan pengetahuan serta pengalamannya sehingga dapat menjadi suatu proses belajar yang berkelanjutan,” pungkasnya.

(Apriyadi Hiday­at)