Martin-Braithwaite---FootyRendersPORTUGAL akan berhadapan dengan Denmark dalam lanjutan Piala Eropa 2016 di grup I, Jumat(9/10/2015) dini hari WIB. Kemenangan menjadi harga mati bagi kedua negara untuk memastikan diri lolos ke babak selanjutnya.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Portugal saat ini merupakan pemuncak klasemen grup I dengan mengoleksi 15 poin. Diikuti oleh Denmark dengan mengoleksi 12 poin selisih tiga angka. Oleh karena itu, kemenangan menjadi wajib bagi kedua negara untuk memastikan diri lolos ke ba­bak selanjutnya.

Portugal telah bermain sebanyak enam kali dengan lima kali kemenangan dan satu kali men­galami kekalahan. Sementara Denmark sudah bermain memainkan tujuh pertandingan den­gan hasil tiga kemenangan, tiga imbang, dan satu kali kekalahan.

Pada pertemuan sebelumnya, Portugal ber­hasil mengalahkan Denmark dengan skor tipis 1-0 pada 15 Oktober 2014. Gol kemenangan Por­tugal dicetak oleh bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, di menit ke-90.

Namun, pada pertandingan kali ini skuad asuhan Morten Olsen tidak akan membiarkan Portugal menang dengan begitu mudah. Den­mark diprediksi akan memanfaatkan seran­gan balik sebagai kekuatan utama. Selain itu, lemahnya lini pertahanan Portugal menjadi catatan tersendiri Ronaldo dkk.

BACA JUGA :  Ketua PWI Kabupaten Bogor Menyeru Siswa SMPN 1 Bojonggede: Bijak dalam Bermedsos

Skuad Fernando Santos akan tetap mengan­dalkan Cristiano Ronaldo sebagai mesin gedor Portugal. Ronaldo akan dibantu oleh lini tengah yang cukup tangguh seperti Miguel Veloso dan Ricardo Quaresma.

Konstelasi Grup I babak kualifikasi Piala Er­opa (Euro) 2016 tidak berubah ketika Portugal menundukkan Albania dengan skor tipis 1-0 dan Denmark ditahan imbang Armenia tanpa gol dalam matchday kedelapan.

Dalam pertandingan di Stadion Kota Elbasan pada Selasa pagi WIB (8/9/2015), tuan rumah Al­bania harus menyerah dari Portugal berkat gol semata wayang tim tamu yang dihasilkan oleh Miguel Veloso pada injury time babak kedua dengan assist Ricardo Quaresma.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Portugal tetap memimpin klasemen sementara Grup I dengan nilai 15, diikuti Denmark 12, Alba­nia 11, sedangkan dua tim telah dipastikan ters­ingkir yakni Armenia 2 dan Serbia 1.

BACA JUGA :  Turunkan Kolesterol usai Kalap Makan saat Liburan Lebaran dengan Ramuan yang Dijamin Ampuh

Grup I merupakan satu-satunya grup di anta­ra sembilan grup kualifikasi Euro 2016 yang beri­si lima tim. Delapan grup lainnya diisi enam tim.

Setiap tim yang mengakhiri kompetisi babak kualifikasi dengan menempati posisi dua tera­tas, langsung lolos ke putaran final Euro 2016 di Prancis tahun depan bersama satu tim peringkat ketiga terbaik. Delapan tim peringkat ketiga lain­nya harus menjalani play off dua leg untuk bere­but empat sisa tiket.

Mengingat di Grup I hanya ada lima peserta, penentuan tim peringkat ketiga terbaik dilaku­kan setelah perhitungan delapan grup lainnya dikurangi dengan hasil pertandingan melawan tim yang menduduki dasar klasemen. Jadi, per­hitungan tim peringkat ketiga terbaik hanya di­lakukan terhadap hasil pertandingan lima tim di setiap grup.

============================================================
============================================================
============================================================