Untitled-1BOGOR, Today – Argentina mengawali kip­rahnya di Kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan hasil buruk. Bermain di depan pendukungnya sendiri, Albiceleste kalah dua gol tanpa balas. Demikian juga Brasil yang ditundukkan Chile dengan skor yang sama.

Pada laga yang dihelat di Monumental Sta­dium, Jumat (9/10/2015) pagi WIB, Argentina tampil dengan kekuatan terbaiknya minus Lio­nel Messi yang harus absen karena cedera.

Sergio Aguero, Angel Di Maria, dan pemain debutan dari Atletico Madrid, Angel Correa, mengisi posisi lini depan. Sergio Romero di percaya mengisi posisi kiper meski percaya mengisi posisi kiper meski belakangan tak pernah bermain sejak David De Gea kembali ke tim utama Manchester United.

Menurut catatan Soccernet, Argen­tina tampil dominan sepanjang per­tandingan dengan 67 persen pengua­saan bola dan melepaskan 12 tembakan di mana lima mengarah ke sasaran. Se­mentara, Ekuador cuma melepaskan delapan dengan tiga on goal.

Namun, sejak menit awal laga dimulai Argentina kesulitan menem­bus pertahanan Ekuador. Sementara tim tamu justru sempat beberapa kali merepotkan Argentina lewat Jefferson Montero dan Antonio Valencia.

Di menit ke-15 umpan terobosan Montero nyaris membuahkan gol ke­tika Miller Bolanos mampu meraihnya. Mengalahkan Ezequiel Garay dalam duel satu lawan satu, Bolanos ting­gal berhadapan dengan gawang tapi Romero dengan cepat memotong bola tersebut.

Kabar buruk datang untuk Argen­tina ketika di menit ke-24, Aguero ha­rus ditarik keluar karena cedera dan digantikan Carlos Tevez. Di menit ke-26 Bolanos punya peluang emas ketika menyambut bola umpan Valencia, tapi tembakannya dari jarak 15 yard melambung jauh di atas mistar.

BACA JUGA :  Pria Asal Bandongan Kepergok Mau Maling dan Sembunyi di Atap Kandang Ayam

Argentina kesulitan mencari celah mencetak gol ke gawang Ekuador mengingat ketatnya pertahanan tim tamu. Alhasil babak pertama berakhir imbang tanpa gol. Masuk di babak ked­ua, Argentina meningkatkan intensitas serangan tapi lagi-lagi serangan mer­eka selalu mentok.

Di menit ke-68 Alexander Domin­guez menggagalkan peluang terbaik tuan rumah ketika berhasil menggaga­lkan tembakan Correa dari jarak dekat. Lalu, bola rebound yang disambar Di Maria pun masih-masih bisa ditepisnya.

Keasyikan menyerang, Argentina harus kebobolan di menit ke-81. Dari korner Segundo Castillo, bola melay­ang ke depan gawang dan di sana ada Frickson Erazo yang bebas menyundul bola untuk menaklukkan Romero.

Semenit berselang Ekuador malah menambah keunggulan lewat Felipe Caicedo. Serangan balik cepat yan di­bidani Valencia di sisi kanan dituntas­kannya dengan umpan ke depan gawa­ng dan disambut sontekan jarak dekat Caicedo yang menjebol jala tuan rumah.

Sementara itu, Chile berhasil men­gawali langkah di kualifikasi Piala Du­nia 2018 dengan mulus. Mereka mena­klukkan Brasil 2-0, berkat gol Eduardo Vargas dan Alexis Sanchez.

Dalam pertandingan di Estadio Nacional Julio Martinez Pradanos, San­tiago, Jumat (9/10/2015) pagi WIB, skor masih kaca mata alias 0-0 di paruh pertama laga.

Chile langsung tancap gas be­gitu laga dimulai. Vargas melepaskan sepakan dari sisi kanan kotak penalti Brasil, sudah tepat sasaran tapi belum berbuah gol. Brasil membalas lewat tendangan jarak jauh dari Hulk empat menit berselang. Tapi, usahanya itu masih belum menemui bidang.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 28 Mei 2024

La Roja lagi-lagi mengancam dengan tendangan dari luar kotak penalti di me­nit 13. Sepakan dari Marcelo Diaz sudah tepat sasaran, tapi tak menemui bidang. Hulk yang mempunyai kelebihan ten­dangan keras, melepaskan lagi sepakan jarak jauh di menit 18. Belum optimal, tendangannya masih off target.

Chile nyaris mencetak gol di menit 42. Tendangan jarak jauh Alexis dari luar kotak penalti masih membentur mistar gawang. Menjelang turun mi­num, Hulk melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti. Tendangannya sudah tepat sasaran, tapi belum mam­pu menembus gawang dari Claudio Bravo.

Brasil mendapatkan peluang per­tama di babak kedua pada menit 56. Sepakan Douglas Costa dari dalam ko­tak penalti belum mencapai sasaran. Perjuangan Chile membuahkan hasil pada menit 72. Berawal dari sepakan bebas Matias Fernandez, sontekan kaki kanan Vargas berhasil mengirim bola masuk ke dalam gawang.

Brasil lalu melakkukan respons cepat untuk mengejar ketertinggalan. Douglas Costa melakukan percobaan dari luar kotak penalti dua menit kemu­dian, tapi masih belum tepat sasaran. Di menit 79, tendangan Ricardo Oliv­iera juga belum membuahkan hasil.

Chile mengunci kemenangan di masa injury time. Alexis yang mencatat­kan namanya di papan skor. Sepakan pertamanya dari jarak dekat menerus­kan umpan Arturo Vidal sempat diblok, dia bereaksi cepat dengan menceplos­kan bola rebound masuk ke gawang. Di sisa laga tak ada lagi gol tambahan, Chile pun menang 2-0.

(Adil | net)

============================================================
============================================================
============================================================