Pedro-Rodriguez---FootyRendersTIM NASIONAL (timnas) Spanyol berhasilmemastikan satu tempat di Piala Eropa 2016 setelah kemenangan telak 4-0 atas Luksemburg di pertand­ingan Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2016, Sabtu (10/10) dini hari WIB. Sementara itu, Slowakia dan Ukraina masih akan berebut posisi kedua Grup C hingga laga terakhir.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Menjelang laga kontra Spanyol, Ukraina sudah dipastikan men­gakhiri babak kualifikasi Euro 2016 di posisi tiga besar, tetapi mereka masih bisa menghindari babak playoff jika meraih hasil positif saat men­jamu La Roja.

Spanyol meraih kemenangan 4-0 atas Luksemburg berkat kecemerlangan Santi Cazorla dan Paco Alcacer. Kedua pemain sama-sama mencetak dua gol dalam per­tandingan kesembilan Kualifikasi Piala Eropa 2016 yang digelar di Estadio Nuevo Municipal Las Gaunas. Berkat kemenan­gan ini, Spanyol sudah mengumpulkan 24 poin dari sembilan laga yang dimainkan. Spanyol hanya menyisakan laga kontra Ukraina di laga kualifikasi terakhir, Selasa (13/10/2015) dini hari WIB.

BACA JUGA :  Pacitan Jawa Timur Diguncang Gempa Terkini M4,0 Pagi Ini

Spanyol yang sudah memastikan diri lolos tentu tidak perlu bermain ngotot ke­tika bertandang ke markas Ukraina di laga terakhir itu. Sementara bagi Ukraina laga terakhir merupakan penentuan. Kemenan­gan 2-0 atas Makedonia, Sabtu (10/10/2015) dini hari WIB membuat kans Ukraina un­tuk lolos ke Prancis 2016 semakin terbuka.

Kemenangan 2-0 yang diraih Ukraina, dan didukung kekalahan 0-1 yang dialami Slowakia dari Belarusia pada waktu ber­samaan membuat Ukraina dan Slowakia sama-sama mengumpulkan 19 poin dari sembilan laga. Slowakia berada di posisi kedua dan Ukraina berada di posisi ketiga Grup C untuk sementara ini.

Ukraina membutuhkan kemenangan atas Spanyol di pertandingan terakhir, sementara Slowakia memiliki kans lebih besar karena hanya akan menghadapi Luk­semburg pada laga terakhir.

Kemenangan mereka harus dibayar dengan harga yang mahal, karena mer­eka dipastikan harus bertanding dengan Ukraina tanpa kehadiran David Silva yang mengalami cedera engkel dipertandingan kontra Luxembourg.

BACA JUGA :  Warga Bantul Geger, Perempuan Paruh Baya Ditemukan Tewas di Kamar Kos Parangtritis

Pemain Manchester City tersebut mendapatkan cederanya saat berduel den­gan Lars Krogh Gerson pada saat awal per­tandingan, dan akhirnya terpaksa harus ditarik keluar lapangan oleh Vicente Del Bosque dan digantikan oleh Juan Mata.

Pihak Spanyol pun telah mengkonfirma­si cedera yang dialami oleh Winger berusia 29 tahun tersebut melalui pernyataan resmi di website resmi mereka, “David Silva kami pastikan akan absen saat pertandingan kon­tra Ukraina karena mengalami cedera eng­kel pada kaki kanan,” tulis Spanyol.

“Staff medis RFEF (Konfederasi sepak bola Spanyol) telah bekerja sama dengan pihak Manchester City, yang telah mener­ima laporan mengenai cedera dari pemain yang bersangkutan, dan akan melakukan beberapa tes untuk memastikan waktu proses pemulihannya,” lanjutnya.

Spanyol juga dipastikan akan tampil tanpa kehadiran Alvaro Morata di lini de­pan, yang posisinya digantikan oleh Strik­er Valencia, Fransisco ‘Paco’ Alcacer, yang pada pertandingan kontra Luxembourg berhasil mencetak dua gol.

============================================================
============================================================
============================================================