lapasLembaga Permasyarakatan Kelas IIA Paledang Kota Bogor akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terkait pemeriksaan kesehatan dan memberikan jaminan kesehatan untuk warga binaan lapas Paledang.

Oleh :Guntur Eko Wicaksono
Guntur_ada@ yahoo .com

Kepala Lapas Kelas IIA Paledang Bogor, Su­harman, mengaku pi­haknya akan berkoor­dinasi dengan pihak Pemkot Bogor untuk menjaga warga binaan nya agar tetap se­hat selama dalam pembinaan lapas paledang. “Kita akan kon­solidasi dengan pihak Pemkot Bogor terutama Dinkes Kota Bo­gor untuk pelayanan kesehatan warga binaan lapas,” tuturnya.

Suharman menjelaskan, den­gan kondisi lapas paledang yang dihuni 940 warga binaan tidak menutup kemungkinan berbagai macam penyakit akan muncul di dalam lapas paledang. “Menu­rut saya penyakit di lapas meru­pakan miniatur dari masyarakat itu sendiri ada kemungkinan pe­nyakit-penyakit yang ada dilapas juga bawaan dari luar sebelum mereka masuk lapas paledang,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Manfaat Jus Jambu untuk Kesehatan, Bisa Turunkan BB Juga? Simak Ini

Suharman, mengatakan pi­haknya akan membicarakan dengan Pemkot Bogor terkait dengan pelayanan jaminan ke­sehatan yang nantinya akan menunjang untuk warga binaan lapas paledang. “Saya akan bi­carakan langkah-langkah ini den­gan pemkot untuk jaminan kes­ehatan apa yang akan digunakan oleh warga binaan apakah meng­gunakan Jamkesda atau BPJS,” bebernya.

Terpisah, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, mengatakan pihak pem­kot akan membantu pihak lapas untuk fasilitas pembinaan yang ada di lapas Paledang. “Insya Al­lah akan kita bantu karena lapas Paledang kan terletak di Kota Bogor kami pun berkewajiban untuk itu,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Kerutan di Kulit Bisa Diatasi dengan Rutin Konsumsi Makanan Ini

Terkait dengan jaminan ke­sehatan, Ade Sarip mengung­kapkan pihaknya berkewajiban untuk membantu pihak lapas paledang agar semua warga bi­naan di lapas Paledang sehat dan tidak terjangkit penyakit. “Untuk kesehatan nanti akan saya koor­dinasikan dengan pak Suhar­man, agar pihak kami bisa lelua­sa untuk masuk dan memeriksa kesehatan para warga binaan,” tuturnya.

Ade Sarip juga mengungkap­kan pihaknya akan memberikan jaminan pelayanan dari BPJS un­tuk semua warga binaan lapas Paledang. “Ya, menggunakan BPJS karena itu kan untuk mere­ka (warga binaan lapas paledang red) juga,” pungkasnya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================