Untitled-3JAKARTA, Today – Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Tito Karnavian mengatakan bahwa Kapolda Metro Jaya siap siaga satu jika final turnamen Piala Presiden benar-benar digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Final yang mempertemukan Persib Bandung dan Sriwijaya FC akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Gesekan antar­suporter di kawasan Jakarta hingga ak­ses menuju daerah Jawa Barat pun jadi perhatian kepolisian sehingga 32000 personel kepolisian akan dikerahkan.

“Ada langkah-langkah yang kita lakukan dan yang paling utama adalah suporter, karena jumlahnya besar teru­tama rekan-rekan dari Persib, Arema dan Jakmania. Kita melakukan komuni­kasi dan prinsipnya semua mendukung karena kegiatan ini punya itikad yang baik dari Bapak Presiden untuk meng­gairahkan kehiidupan persepakbolaan kita,” kata Tito kepada wartawan, usai melakukan pertemuan dengan pihak terkait, Selasa (13/10).

BACA JUGA :  Gertak PSN di Kota Bogor, Libatkan Siswa Berantas Sarang Nyamuk

“Untuk pengaturan ini kita butuh kerja sama dengan Polda Jawa Barat atas perintah dari Kapolri. Polda Jabar dan Polda Metro Jaya akan melakukan komunikasi dengan suporter Bandung tentang berapa yang berangkat, berapa bus, pemeriksaan titik, dan termasuk melakukan razia. Kita juga melakukan pengamanan termasuk rute,” urai Tito.

Pengawalan kepada suporter Persib akan dilakukan demi menghindari ben­trok dengan kelompok suporter Persija ketika menuju Jakarta dan kembali pu­lang ke Bandung. “Nanti dari Jawa Barat akan melakukan pengawalan dari mulai Jawa Barat sampai kembali. Rute akan kami lakukan pengawalan ketat.”

“Yang di wilayah kawasan Polda Met­ro Jaya kami akan melakukan penga­manan ketat, saya perintahkan 32000 personel yang ada untuk siaga satu. Artinya semua harus masuk kantor.”

BACA JUGA :  Rendang Ayam Kampung, Menu Lezat untuk Santapan Keluarga Tercinta

“Kekuatan pengamanan yang di seki­tar GBK akan ada hampir 10000 orang, tapi di luar itu masing masing wilayah juga melakukan pengamanan. Kita akan minta dukungan dari Kodam. Juga akan ada kekuatan cadangan jumlahnya hampir 2000 sampai 2500 personel dari TNI, kemudian dari Satpol PP dan Pemda Perhubungan kurang lebih ham­pir 1000. Prinsipnya kami siap untuk melakukan pengamanan.”

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kepastian bahwa final akan dilak­sanakan di Jakarta. Pihak kepolisian masih harus melakukan koordinasi dan pengecekan untuk memastikan kesia­pan mereka mengamankan laga final.

============================================================
============================================================
============================================================