BOGOR TODAY – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menyulap lahan Tempat Pembungan Akhir (TPA) sampah Kayu Manis menjadi lokasi perkemahan Pramuka.

Ketua Kwarcab Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, kebutuhan sarana bumi perkemahan di Kota Bogor sudah sangat mendesak mengingat sebagian wilayah Kota atau Kabupaten di Indo­nesia sudah memiliki sarana penunjang kegiatan kepramukaan.

Karenanya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan membangun bumi perkemahan di lahan yang awalnya diperuntukkan TPA Kayu Manis. “Se­betulnya rencana pembangunan bumi perkemahan itu sudah ada sejak dulu, hanya saja waktu itu belum menemukan tempat yang sesuai,” ujarnya, Jumat (16/10/2015).

BACA JUGA :  Tak Terima Pacar Diganggu, Pemuda di Lampung Tengah Tusuk Remaja hingga Tewas

Ade Sarip menjelaskan, saat ini, pihaknya tengah mengkaji lahan seluas 12 hektar yang berlokasi di Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor ini. “Daripada tidak difungsi­kan, lebih baik kami jadikan bumi perke­mahan. Setelah selesai baru diketahui berapa anggaran yang dibutuhkan untuk kemudian diajukan ke Pemkot,” kata dia.

BACA JUGA :  Tersambar Petir saat Cari Ikan, Nelayan di Pesisir Barat Tewas

Rencana pembangunan bumi perke­mahan itu, menurut Ade, diharapkan bisa menjadi salah satu indikator untuk mewujudkan Kota Bogor sebagai Kota Pramuka. “Di lahan itu akan dibangun sejumlah arena kepramukaan seperti tempat olah tangkas, lapangan upacara dan pembuatan gardu masuk,” katanya.

Seperti diketahui lahan TPA sampah Kayu Manis hingga kini masih terkatung-katung. Pemkot Bogor belum melaku­kan pembangunan lokasi pembuangan sampah itu karena ada penolakan dari warga sekitar.

(Rizky Dewantara)

============================================================
============================================================
============================================================