d1ggvJ_Bank-BRRencana BRI untuk mencicipi bisnis asuransi jiwa bukan isapan jempol. Niat bank pelat merah tersebut mengakuisisi kepemilikan saham Dana Pensiun (Dapen) BRI terhadap PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera (Bringin Life) semakin terang benderang.

Oleh : Adilla Prasetyo
[email protected]

Direktur Keuangan BRI, Harun Koesma­hargyo mengatakan, pihaknya telah me­neken conditional sale and purchase agreement dengan Dapen BRI, pemegang saham mayoritas Bringin Life.

Tidak hanya itu, pihaknya bahkan mengklaim sudah men­gajukan permohonan ke regu­lator terkait. “Kami akan beli 91% saham Bringin Life yang dimiliki Dapen BRI. Soal harga, belum bisa di-close (buka). Ta­hun ini juga akan kami finalisa­si,” ujarnya.

Baca Juga :  DP3AP2KB Jalin Kerjasama Dengan RSU dr. M. Hassan Toto, Optimalisasi Perlindungan Anak dan Perempuan 

Setelah proses akuisisi sele­sai, BRI juga berniat menam­bah permodalan Bringin Life. Hal ini dimaksudkan agar calon anak usahanya dapat gesit berkembang dan beraktivitas. “Equity akan kami tambah, sesuai kebutuhan nanti,” tutur dia.

Nantinya, sambung Haru, Bringin Life akan menyasar captive market dari induk us­aha barunya tersebut. “Kami akan menyasar nasabah BRI yang sudah ada. Nasabah kami saja sudah 30 juta orang. Kami pasarkan lewat gerai kami yang mencapai 10.000 unit,” terang dia.

Baca Juga :  Seorang Pendeta di Deli Serdang Ditembak OTK

Asal tahu saja, berdasarkan situs resmi perseroan, Dapen BRI tercatat memiliki 90,17% saham Bringin Life. Sedangkan sisanya sebesar 9,56% dikan­tongi oleh Yayasan Kesejahter­aan Pekerja BRI dan sekitar 0,27% lainnya dikempit oleh Koperasi Karyawan Bringin Life.