Untitled-8PT Sumi Rubber Indonesia, produsen ban Dunlop, melakukan manuver pasar guna mempertahankan eksistensinya dalam industri si karet bundar di Tanah Air. Salah satu aksinya adalah dengan menambah jaringan Dunlop Shop di kota hujan. Menggandeng Toko Ratu Ban, Dunlop meresmikan jaringannya di Jalan Raya Semplak, Bogor Barat, Kota Bogor, yang merupakan outlet ke-281 diseluruh Indonesia.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Deputy General Manager Sales Dunlop, Imam Oedarto, mengatakan bahwa keberadaan Dunlop Shop Ratu Ban ini sangatlah penting bagi Dunlop. Selain untuk meningkatkan image Dunlop, juga buat penetrasi pasar di Bogor dan sekitarnya.

“Dunlop Shop Ratu Ban ini merupakan outlet kedelapan yang ada di Bogor. Selain untuk mendekatkan diri kepada konsumen, ini membuktikan bahwa ke­percayaan pelanggan kepada produk-produk Dunlop sangat tinggi,” ungkap Imam saat berbincang dengan BOGOR TODAY di Kawasan Semplak, akhir pe­kan kemarin. Ia menambahkan, pemili­han lokasi di Semplak karena dinilai memiliki potensi yang cukup bagus. “Kami melihat Bogor, khususnya Semplak dan sekitarnya ini banyak pe­rumahan atau propetinya ter­us tumbuh. Banyak juga yang tinggal di Bogor tapi kerja di Jakarta. Nah, mereka butuh ban yang awet dan nyaman. Makanya kami hadir di sini,” tandasnya.

BACA JUGA :  Cemilan Pedas dengan Tahu Gejrot yang Gurih Bikin Melek

Mengenai produk unggu­lan, lanjut Imam, Dunlop me­miliki dua tipe yang banyak diburu konsumen, yakni SP Sport LM 704 dan SP Tour­ing. LM 704 merupakan ban andalan terbaru Dunlop yang sangat cocok bagi pengguna ban kelas menengah atas, khususnya pemilik kendaraan jenis sedan, MPV dan city car yang mengutamakan keny­amanan dan umur ban yang panjang serta awet.

“Produk ini sebuah per­paduan terbaik antara faktor keamanan, kenyamanan dan nilai ekonomis yang dihasilkan dari penerapan teknologi digi­tal rolling simulation generasi 3, lahirlah ban rafial terbaru SP Sport LM 704. Jadi, 75 persen lebih awet dan 13 persen lebih hening daripada seri lainnya. Sementara SP Touring kelasnya lebih ekonomis,” jelas dia.

Market Share

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Sales Market­ing PT Sumi Rubber Indonesia, Akihito Makino, mengklaim bahwa di pasar dalam negeri, ban mobil Dunlop menempati posisi kedua dengan pangsa pasar 27,5 persen. “Ini terus meningkat. Pada 2013 market share kami hanya 26 persen untu passenger radial,” ungkap Makino di Semplak, Bogor.

BACA JUGA :  Wedang Tape Ketan, Santapan Hangat Enak Dinikmati Saat Hujan

Sedangkan di segmen pasar perakitan kendaraan (OEM), lanjut dia, ban Dunlop dapat bertahan pada posisi pertama secara berturut-turut dalam tiga tahun terakhir dengan market share sekitar 43 persen. “Kami dipercaya oleh pabrikan mobil sebagai ban orisinilnya. Mobil yang dimaksud adalah Toyota Yaris, Toyota New Vios, Toyota Agya, Dihatsu Ayla, Honda New CRV, Honda Brio, Honda HRV dan Mobilio serta Nissan New X-Trail,” jelas pria berkebangsaan Jepang itu.

Sementara itu, pemilik Ratu Ban Semplak, Ani, mengata­kan bahwa keunggulan yang dimiliki outletnya adalah dari sisi mekani yang berkompe­ten. “Tentunya dengan jajaran produk dunlop lengkap mulai dari ring 12 hingg ring 20. Harga juga pasti akan lebih kompetitif karena kami langsung diper­caya oleh Dunlop,” tegas Ani.

Ani menambahkan, selain ban, ditempatnya juga tersedia beragam jenis velg yang co­cok sesuai karakter mobil dan penggunanya. “Di Semplak be­lum ada yang selengkap di sini. Ratu Ban juga memiliki cucian mobil, ban, velg, sparepart, spooring 3G,” pungkasnya.

(Apriyadi Hidayat)

============================================================
============================================================
============================================================