1. Ketidakharmonisan dalam rumah tangga
  2. Krisis moral dan akhlak
  3. Perseling­kuhan
  4. Pernikahan tanpa cinta
  5. Dan rundungan ma­salah-masalah dalam rumah tangga, sep­erti : minimnya keterbukaan an­tara suami–istri, ketiadaan s a l i n g hormat antar pasangan hingga masalah ekonomi.

Di banyak kasus, perceraian sering menimbulkan tekanan ba­tin bagi tiap pasangan, rasa trau­ma yang mendalam hingga beru­jung pada banyaknya anak-anak terlantar.

Agama Islam sejatinya mem­bimbing umatnya agar tidak memecah-belah persaudaraan di antara sesama muslim. Meski pada dalilnya, perceraian sebena­rnya halal dilakukan.

BACA JUGA :  TIPS JITU BERHENTI MEROKOK

Di beberapa kitab agama yang saya pelajari, salah satu agama yang melarang keras adanya per­ceraian oleh pasangan-pasangan di dalam umatnya adalah Kristen Katolik Roma. Pun sejatinya, semua agama menganjurkan semua penganutnya untuk melakukan perceraian.

Namun, apapun itu, kita mesti belajar dari fakta bahwa hu­kum di semua negara selalu memper­mudah penga­nutnya untuk men­gurus menikah dan memper sulit dalam mengurus perceraian. “Kalau urusan nikah, dipermudah. Tapi untuk urusan cerai, prose­dur dan aturannya dipersulit,” Kira-kira itulah kalimat yang saya dengar dari seseorang yang saya temui ketika saya bertamu beber­apa kali ke pengadilan agama. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================