Untitled-3Tak ingin sembarangan menerima karyawan, Hotel Salak The Heritage sengaja mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata (STP) Bogor Hotel Institute (BHI) pada tahun 1999 atau sejak hotel itu berdiri. Hingga kini, sebagian besar alumni STP BHI menjadi bagian dari Hotel Salak.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Hotel Salak berkeyakinan, dengan mendirikan STP, kesempatan dalam dunia ilmu pendidikan dan berpengaruh lapangan pekerjaan semakin tinggi.

Seakan sudah memahami betul apa yang mereka butuhkan satu sama lain me­miliki ruang lingkup lingkup yang sama. Dimana Hotel Salak membutuhkan kampus yang mampu melahirkan lulusan yang ahli pada bidang perhotelan, sementara begitu juga dengan kampus yang membutuhkan Hotel Salak untuk sebagai pendukung op­erasional kampus.

“BHI dan Hotel Salak sama-sama saling membutuhkan. Kampus membutuhkan staf pengajar yang sudah berpengalaman di hotel, begitupun dengan hotel, pasti menarik mahasiswa dan siswi BHI pada saat acara terten­tu di hotel,” tutur Direktur STP BHI, Agung Djati Walujo saat ditemui.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

Selain itu, Hotel Salak juga tidak perlu repot mencari tenaga kerja baru dari luar, se­bab hampir semua lulusannya langsung ditarik oleh pihak hotel. Sedangkan, dari pihak kampus membutuhkan Hotel Salak sebagai sarana dan pra sarana studi praktik. Mengin­gat banyak kampus pari­wisata yang tidak memiliki hotel sendiri, sedangkan BHI memiliki Hotel Salak.

“Kebanyakan STP yang ada hanya memi­liki kamar-kamar hotel ilustrasi, bu­kan dalam bentuk hotel yang nyata. Sedangkan disini menggu­nakan praktik mingguan di Hotel Salak langsung.

Dengan melayani tamu yang sesungguhnya. Dan ini berlaku bagi semua mahasiswa seluruh semester,” lan­jutnya.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

Agung menambahkan, setelah enam bu­lan, mahasiswa wajib magang di 100 hotel yang sudah bekerjasama dengan BHI. Bah­kan, saat magang banyak anak didiknya di­minta untuk langsung bekerja di hotel terse­but meski mereka ini belum lulus.

“Ribuan lulusan STP BHI banyak yang terbukti berhasil dan membanggakan, teru­tama saat mereka terjun ke dunia lapangan kerja. Baik di Hotel Salak maupun di luar. Kebanyakan dari mereka sudah memban­gun karier di luar negeri dan kapal pesiar,“ ungkap dia.

Mahasiswa pun dijelali pendidikan ber­standar hotel bintang empat agara maha­siswa tidak canggung saat benar-benar ter­jun dalam dunia perhotelan

“Untuk program magang kami mentar­getkan para mahasiswa untuk masuk ke bintang empat, karena pengalaman ker­janya lebih bagus,” pungkasnya.

============================================================
============================================================
============================================================