Foto : Kozer
Foto : Kozer

Cara unik dilakukan PLN Corporate University (Project Academy) Bogor, dalam merayakan Hari Listrik Nasional ke-70 dengan aksi donor darah sebagai kepedulian karyawan PLN, siswa prajabatan angkatan 47 dan 48 dengan total tak kurang dari 200 orang.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Donor darah merupakan salah satu rangkaian dalam meray­akan Hari Listrik Nasional ke- 70. Sebelumnya, para siswa prajabatan Udiklat PLN ini menggelar bakti sosial dengan member­sihkan lingkungan Udiklat PLN, termasuk peremajaan SDN Cibogo.

Manager PLN Corporate University (Project Academy), Hari Sutopo men­gatakan, kegiatan ini untuk membekali para siswa prajabatan agar tidak me­lulu memikirkan nilai materiil. Karena menurutnya, dengan melakukan amal kebaikan kepada sesama juga tidak ka­lah penting dan lebih abadi.

“Sebagian besar, yang ikut donor da­rah ini siswa prajabatan yang sedang di­tempa agar bisa menjadi karyawan yang baik. Makanya, kami tekankan supaya mereka juga memiliki rasa kepedulian kepada sesama yang tentunya lebih ber­guna seumur hidupnya,” kata Hari ke­pada Bogor Today, Senin (26/10/2015).

BACA JUGA :  Peringati Hari Kartini, Pemkab Bogor Hadirkan Layanan KB Serentak di 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor

Hari menambahkan, meski PT PLN (Persero) memiliki tugas berat untuk menyiapkan listrik 35 ribu megawatt, itu bukan berarti PLN juga akan menge­jar profit sebesar-besarnya dair ma­syarakat.

“Kalau semua masyarakat sudah me­miliki listrik, perputaran ekonomi lebih baik dan menciptakan kehidupan yang lebih baik,” tandasnya.

Selain itu, kata Hari, dengan me­nyediakan listrik berkecukupan, ma­syarakat tentunya lebih senang dan bisa melakukan sesuatu dari tersedianya listrik. Menurutnya, secara tidak lang­sung, PLN telah memberikan suatu ke­baikan untuk masyarakat.

Kerjasama Setiap Elemen

Hari Listrik Nasional ke-70 sendiri jatuh pada hari ini, Selasa (27/10/2015). Dalam peringatan tahun ini, Hari ber­harap kesediaan masyarakat untuk bekerjasama dan membantu PLN dalam mengatasi beragam masalah yang bisa menggangu penyaluran listrik.

“Di Hari Listrik Nasional ke-70 ini, saya harapkan sinergitas semua elemen ma­syarakat dan pemerintah bisa membantu PLN agar lebih optimal dalam melayani kebutuhan listrik,” timpal Hari Soetopo.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim

Misalnya, kata Hari, jika ada pohon besar yang mengganggu kabel atau in­stalasi listrik dan membahayakan, jan­gan dipersulit jika PLN hendak mene­bangnya. “Kan kadang-kadang ada saja alasan warga kalau pohon itu jangan ditebang,” katanya.

Dalam peringatan Hari Listrik Na­sional ke-70 ini, Udiklat PLN Bogor memiliki tagline ‘Bersama Menerangi Nusantara’. “Ya ini harapan PLN agar In­donesia terang di masa mendatang dan tidak ada lagi yang belum mendapatkan listrik,” katanya.

Sementara pengagas donor darah ini, Mardiono yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Serikat Pekerja PLN men­gungkapkan, kegiatan ini merupakan gagasan yang telah disetujui oleh semua pihak di Udiklat PLN Bogor.

“Saya yakin kok, untuk berbuat baik tidak perlu mahal. Makanya saya aju­kan kegiatan ini dan disetujui oleh Pak Hari,” katanya.

Untuk donor darah sendiri, Udiklat PLN menggandeng PMI Kota Bogor yang membawa peralatan lengkat dan enam petuga medis untuk mengambil darah siswa/siswi PLN Corporate University.

============================================================
============================================================
============================================================