Foto : Net
Foto : Net

Satu lagi mobil di segmen mobil keluarga hasil besutan produsen Negeri Sakura bakal mengaspal di Tanah Air. Si bontot ini bakal menjadi pesaing berat berbagi kue dengan Honda Freed

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Juli 2015 lalu, Toyota punya line up baru di Jepang, yakni Sienta, MPV medium yang mengakomodasi 7-penump­ang. Sejak saat itu, kabar ten­tang kehadirannya di Indonesia se­makin santer.

Bahkan ada bisikan dari salah satu dealer Toyota, Sienta sedang digodok dan kemungkinan besar masuk tahun depan. ”Kalau soal ini no comment-lah, kita lihat nanti,” ucap Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran PT Toy­ota Astra Motor (TAM) saat berbin­cang via telepon, Rabu (21/10/2015).

Samulo hanya mengatakan bahwa jika model-model baru akan dikenal­kan ke Indonesia atau tidak, harus melalui studi sangat detail. Kendati demikian, dirinya tetap bungkam saat ditanya tentang studi, Samulo hanya mengakui kalau Sienta memang men­jadi salah satu model yang menarik. ”Tapi tak cuma Sienta, apa pun mod­elnya, kita lakukan survei mendetail. Itu adalah proses yang panjang,” kata Samulo mengelak diplomatis.

Jika masuk ke Indonesia, Sienta bisa menemani Honda Freed yang saat ini sendirian. Segmentasinya akan berada di tengah-tengah, anta­ra Grand New Avanza dan Innova. Di Jepang, saat diluncurkan, Sienta dibanderol 1,6 jutaan yen, atau seki­tar Rp 190 jutaan.

MPV ini dibekali mesin 1.500 cc, disiapkan dalam delapan warna pili­han. Tujuh bangku di dalamnya bisa dikonfigurasikan menjadi enam atau lima tempat duduk. Panel dikatakan ergonomis, apalagi sudah dilengkapi layar TFT 4,2 inci.(*)