samsung-galaxy-view-hands-on-4Setelah memberikan sedikit bocoran di ajang IFA Berlin lalu, Samsung akhirnya merilis tablet berukuran “raksasa”, Galaxy View.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Tablet ini bisa dikata­kan raksasa karena memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari biasanya. Ia sendiri memiliki layar berukuran 18,4 inci dan sudah mendukung resolusi Full HD 1.920 x 1.080 piksel.

Pada umumnya, tablet yang kebanyakan beredar di pasar belakangan ini memiliki ben­tang layar antara 7 inci hingga 12 inci. Di bagian belakang, ter­dapat semacam dudukan yang bisa difungsikan untuk menga­tur sudut tablet.

Secara keseluruhan, Galaxy View memiliki dimensi tinggi 275,8 mm, panjang 451,8 mm, dan ketebalan 11,9 mm. Bobo­tnya sendiri mencapai 2,65 kg. Samsung sendiri mengklaim Galaxy View sebagai perangkat mobile Android terbesar.

Baca Juga :  Penangkapan Pelaku Curas di Medan, Polisi Tembak Kakinya

“Di Samsung, kami berkomitmen untuk mencip­takan kemungkinan baru dan membawa konsumen kami ke pengalaman mobile terbaik,” tulis JK Shin, CEO dan Head of Samsung IT & Mobile Business dalam keterangan resminya.

Meski tetap menyebutnya sebagai tablet, Samsung agaknya ingin agar perangkat ini difokuskan untuk kegiatan menikmati hiburan saja. Seba­gaimana dirangkum dari The Verge, perangkat ini dibuat untuk kegiatan menonton film dan TV di sekitar rumah.

Tidak disebutkan konten video seperti apa saja yang bisa dinikmati oleh pengguna. Akan tetapi, berdasarkan gambar resmi yang disebarkan, tam­paknya tablet jumbo ini bakal mendukung aplikasi-aplikasi streaming, seperti Netflix, Hulu, YouTube, dan Twitch. “Kami sangat senang untuk memperkenalkan Galaxy View, sebuah cara baru untuk men­gonsumsi video mobile dan hiburan,” lanjut Shin.

Baca Juga :  Resep Kue Amparan Tatak Lezat dan Lembut

Galaxy View dibekali den­gan prosesor 1,6 GHz octa-core (tidak diketahui jenisnya), RAM 2 GB, baterai yang kuat meng­hidupi perangkat selama 8 jam, dan media penyimpanan berkapasitas 32 atau 64 GB. Ka­pasitas tersebut bisa ditambah menggunakan kartu microSD.

Terdapat kamera 2,1 meg­apiksel di bagian depannya, kemungkinan hadir untuk kepentingan video call. Selain itu, ada juga slot SIM card ber­jenis Nano SIM. Perangkat ini berjalan di sistem operasi An­droid 5.1 Lollipop.