Foto : Kozer
Foto : Kozer

BOGOR TODAY – Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor berkolaborasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertaman­an Kota Bogor menyapu puing akibat puting beliung.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor, Irwan Riyanto, menuturkan, un­tuk penanggulangan banyaknya pohon yang tumbang, pihaknya menerjunkan sebanyak 34 orang yang ditugaskan untuk melaku­kan proses evakuasi penanganan di lapangan.

Irwan mengatakan, ada 24 orang petugas dari pertamanan dan 10 petugas dari PJU yang dter­junkan, karena selain jatuhnya pohon tumbang akibat diterpa an­gin saat hujan deras, ada 2 tiang PJU yang roboh di Jalan Semeru, tepatnya di jembatan cinta.

Baca Juga :  Rumah Kosong Dua Lantai di Bogor Terbakar, 4 Unit Damkar Dikerahkan 

Irwan menjelaskan dari hasil data yang diterima petugas di lokasi kejadian, ada 5 titik lokasi pohon tumbang, diantaranya Jalan Ahmad Yani, Cimahpar, Palayu Bantar Jati, Gunung Batu, Bogor Barat, tepatnya di sekita­ran markas Batalyon 315/Garuda dan di Jalan Paledang, Bogor Tengah.

Selain pohon tumbang, bela­san titik diruas jalan Kota Bogor seperti dahan dan ranting yang patah juga dilakukan proses evakuasi.”Kami dari DKP lang­sung sigap setelah menerima banyak laporan dari petugas dila­pangan untuk segera melakukan evakuasi pohon tumbang. Pulu­han petugas pertamanan dan PJU kami kerahkan,”jelas Irwan.

Baca Juga :  Program Zero Stunting, IDI Jabar Gelar Pelatihan Sasar Dokter Umum

Irwan melanjutkan, hingga dini hari, para petugas masih melakukan proses evakuasi dan bersih-bersih di lokasi terjadinya pohon tumbang. Berharap malam ini penanganan bisa segera dis­elesaikan oleh petugas.”Proses evakuasi menggunakan alat berat untuk memotong batang pohon menjadi beberapa bagian agar ti­dak menghalangi sejumlah ruas jalan,”pungkasnya.

(Guntur Eko Wicaksono)