kwarcabBOGOR TODAY – Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bogor bakal mengada­kan suksesi kepemimpinan. Bursa pun dibuka untuk memilah siapa peng­ganti Ade Sarip Hidayat. Pelaksanaan pemilihan akan dilakukan pada Kamis (15/10/2015) di ruang rapat 1 Balaikota Bogor mendatang. Siapa yang bakal mau mendepak Ade?

Wakil Ketua Organisasi Kwarcab, Maman Suherman, mengatakan, prestasi dari kepemimpinan kepramu­kaan dibawah Ade Sarip Hidayat, terus eksis hingga ke luar negeri. Dirinya menjelaskan, selain itu Kwarcab juga konsisten aktif di tingkat nasional dan yang terbaru pihaknya mengikuti jam­bore nasional.

“Untuk skala internasional pernah ke Abu Dabi, Jepang, Malaysia, Swedia, Thailand dan Australias. Untuk yang ke Abu Dabi dari Indonesia yang masuk hanya dari Kota Bogor saja yaitu Wasri Prayogi pada tahun 2008,” ujar Maman di Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Senin (12/10/2015).

Menurut Maman, ada lima orang yang akan dipilih sebagai pengurus baru, pra muscab akan menghasil­kan program atau visi dan misi start­egi Kota Bogor pada tahun 2015. Visinya Kota Bogor akan disepakati yaitu, sejuta aksi merai prestasi. “Tar­get akan menjadi kwarcab tergiat pada tahun 2015 ini nantinya. Sehingga melanjutkan prestasi yang telah di­raih dan meningkatkannya,” kata dia. Dilokasi yang sama, Sekre­taris Kwarcab Kota Bogor, Muhammad Nurnawali, menambahkan, yang me­narik dalam muscab ini ada penilaian kwatir ranting yang ada di Kota Bogor. Ia menambahkan, nantinya mana yang paling tergiat, dengan penilaian 2 ta­hun sekali. “Ada 13 penghargaan yang diberikan kepada ranting-ranting untuk acara musyawarah cabang Kota Bogor ini. Ada beberapa hal untuk memper­tanggung jawabkan perjalanan selama 5 tahun pengurus kwarcab,” kata dia.

Baca Juga :  Relawan KNPI Bantu Kadin Salurkan Bantuan ke Warga Isoman

Wali-sapaan warung kopinya- juga meneruskan, ada juga penyematan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) bagi pembina/ tokoh yang berjasa dalam gerakan pramuka, khu­susnya di Kota Bogor dan penyematan pita atau slendang mahir bagi pembina pramuka yang telah lulus kursus. “Saat ini persiapan untuk hari kamis men­datang, pemilihan Kepala Kwarcab Kota Bogor sudah 90 persen. Saya harap semangat dan trend positif bisa lebih mendompleng prestasi nantinya bagi pegurus yang baru,” tandasnya.

Baca Juga :  Jumat Berkah, Forum Warga Banten Kembali Bagikan 100 Nasi Kotak  

Wali kembali menjelaskan, ada me­kanisme yang mengatur, pemilihan ke­pala kwarcab Kot Bogor yang baru akan memilih sisunan pengurusnya. Ada hara­pan pengurus yang lama bisa terpilih lagi, sehingga prestasi sebelumnya bisa dirai­hnya. “Sesuai AD dan ART pramuka pa­dah tahun 2013 dan sudah dilaksanakan dari tahun 2014, sehingga Kota Bogor menyelenggarakan muscab pramuka. Hal ini masih baru untuk dilakukan, jadi memang mekanisme telah di atur dari pusat,” tutupnya.

(Rizky Dewantara)