Untitled-24JAKARTA, TODAY — Pencarian jamaah haji Indonesia korban tragedi Mina masih berlang­sung. Hingga Rabu(30/9/2015), jumlah korban meninggal yang ditemukan petugas bertam­bah sebelas orang atau menjadi 57 orang.

“Jamaah haji yang wafat pada rilis sebel­umnya sebanyak 46 orang, saat ini bertambah menjadi 57 orang,” kata Kepala Daerah Kerja Mekkah Arsyad Hidayat dalam keterangan tertulis, Rabu (30/9/2015).

Petugas mengidentifikasi 11 jasad jamaah haji Indonesia korban tragedi Mina yang ditemukan dini hari ini pukul 02.00 Waktu Arab Saudi.

Arsyad mengatakan, timnya terus berupaya mencari jamaah lain yang ke­beradaannya belum diketahui. Sementara itu, ratusan jamaah asal Indonesia telah tiba di tanah air sejak Senin lalu.

Kembali ke Bogor

Sementara itu, Kloter 1 dan 2 Em­barkasih Jakarta Asrama Haji Bekasi, hari ini tiba di kembali ke Indonesia tepatnya di Asrama Haji Bekasi. Kloter 1 sendiri su­dah tiba di embarkasih Bekasi pada pukul 10.30 WIB sedangkan kloter 2 datang seki­tar pukul 14.30 WIB.

Baca Juga :  Pasien Covid di Medan Babak Belur Dihakimi Massa

Kabid Pelaksana Ibadah Haji dan Um­roh, Ajam Mustajam mengatakan, Kloter 1 merupakan jamaah haji dari Kabupaten Ta­sikmalaya dengan jumlah 446 orang sudah termasuk dengan petugas menggunakan Jenis pesawat Saudi Arabia dengan nomor pesawat SV 5100.

“Kloter 1 awalnya berjumlah 442 orang. Ada tambahan dari kloter 04 dan kloter 05 serta kloter 09 sehingga jumlahnya menjadi 446 orang jamaah haji,” jelasnya.

Sementara kloter 2, kata Ajam, yang berasal dari Kabupaten Bandung sesuai jad­wal memang seharusnya tiba pukul 14.30, namun dikarenakan adanya persiapan ul­ang tahun TNI dan ada latihan di Bandara Halim Perdana Kusuma kedatangan jama’ah Kloter 2 mengalami sedikit keterlambatan, jama’ah berada di pesawat Saudi Arabia Dengan nomor pesawat SV 5102.

Baca Juga :  Rancangan APBD 2022 Fokus Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Pandemi

“Kalau melihat jadwal penerbangan, seharusnya sudah lending di Halim Perdana Kusuma. Namun dikarenakan di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma saat ini se­dang ada latihan HUT TNI sehingga lending pesawat sedikit ada antrian,” bebernya. “Ke­terlambatan dikarenakan antrean pesawat dari berbagai negara yang akan membawa jamaah haji untuk kepulangan ke masing–masing negara tujuan,”ucapnya lagi.

Informasi yang di dapat, Kloter 2 baru tiba di asrama haji Bekasi kurang lebih pada pukul 17.30 WIB. Untuk kedatangan jama’ah rabu besok kata Ajam ada penam­bahan satu kloter yaitu jadi 3 kloter yang akan tiba di tanah air tepatnya di em­barkasih asramaha haji Bekasi. “Besok ada tiga kloter yaitu kloter 3 asal jamaah haji Kabupaten Garut, Kloter 4 asal Kabupaten Karawang serta Kloter 5 asal Kabupaten Bogor,” pungkas Ajam.

(Yuska Apitya Aji)