urlNico Rosberg keluar sebagai juara GP Meksiko. Memimpin balapan sejak awal, Rosberg finis di posisi pertama di depan rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton.

Oleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

Ini menjadi gelar juara keem­pat bagi Rosberg di musim ini. Sebelumnya, kali terakhir dia naik podium teratas di GP Austria pada bulan Juni lalu.

Sementara itu, Hamilton yang sudah mengunci gelar juara dunia pekan lalu finis di urutan kedua. Po­dium ketiga menjadi milik pebalap Williams, Valtteri Bottas.

Dengan ha­sil ini, Hamil­ton memimpin klasemen pebal­ap dengan 345 poin. Sementara itu, Rosberg naik ke urutan kedua dengan 272 poin, menggeser Sebas­tian Vettel yang tak mendapat angka karena gagal finis.

Seperti diektahui Nico Rosberg memang sudah tak punya pelu­ang untuk jadi juara du­nia Formula 1 tahun ini. Meski begitu, kemenangan di GP Meksiko tetap terasa spesial baginya.

Rosberg tampil dominan dalam balapan di Autodromo Hermanos Rodriguez, Senin (2/11/2015) dinihari WIB. Start dari pole position, pebalap Mer­cedes itu finis terdepan setelah mengungguli rekan setimnya, Lewis Hamilton.

Ini adalah kemenangan keempat yang didapat Rosberg pada tahun ini. Sebelumnya, dia juga menang di Spanyol, Monako, dan Austria.

“Ini adalah hari yang mena­kjubkan dan sebuah balapan yang bagus, duel yang sengit dengan Lewis. Dia membalap dengan san­gat baik dan saya sangat senang bisa mendapatkan kemenangan ini,” tu­tur Rosberg yang dikutip Crash.

“Ini adalah podium terbaik ta­hun ini dan tempat yang luar biasa untuk meraihnya,” tambahnya.

Dirinya berpikir berada di stadi­on seperti ini dan atmosfer serta en­erginya sungguh luar biasa. Jadi, ia benar-benar berterima kasih kepa­da semua orang Meksiko dan semua orang yang berada di sini hari ini untuk dukungannya. “Sungguh spe­sial,” kata pebalap Jerman itu.

Kemenangan di Meksiko mem­buat Rosberg naik ke posisi kedua di klasemen sementara dengan 272 poin. Akan tetapi, dia sudah tak pu­nya peluang untuk mengejar Hamil­ton, yang sudah dipastikan jadi juara dunia dan kini punya 345 poin.

Nihil Poin di Meksiko

Rentetan positif Ferrari, 20 bala­pan beruntun dapat poin, terhenti di GP Meksiko. Ferrari pun diakui menjejak bumi lagi usai sempat mengawang-awang.

Sebastian Vettel dan Kimi Raik­konen sama-sama retire dalam bala­pan, Senin (2/11/2015) dinihari WIB. Sejak GP Jepang tahun lalu baru kali ini lagi The Prancing Horse tak mendapatkan poin sama sekali dari dua drivernya.

“Sepanjang musim ini kami su­dah berhasil menyentuh langit. Kali ini kami terpuruk ke dasar,” kata Prinsipal Tim Ferrari Maurizio Ar­rivabene di Reuters.

Sejak GP Australia tahun 2006, baru kali ini lagi pula Ferrari men­galami double retirement. Walau­pun kecewa, kubu ‘Kuda Jingkrak’ tetap berusaha positif.

“Balapan hari ini memberikan pelajaran mengenai kerendahan hati yang harus kami pergunakan dengan baik,” tegas Arrivabene yang timnya kini menantikan dua balapan terakhir di Brasil dan Abu Dhabi.

Di tengah dominasi Mercedes dan dua pebalapnya musim ini, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, Ferrari sudah berhasil menyeruak unjuk potensi.

Walaupun gelar juara dunia di tiga sektor sudah berhasil dis­apu bersih kubu Mercedes, Ferrari tetap mampu bercokol di posisi dua klasemen konstruktor dan Vettel pun kini menempati posisi tiga di bawah dua pebalap Mercedes. (*)