tim-panahan-isgMenjaring bibit muda panahan Kota Bogor, Perpani Kota Bogor dalam waktu dekat bakal menggelar kejuaraan panahan pelajar

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Ketua Umum Pengurus Ca­bang (Ketum Pengcab) Per­satuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Bogor, Rizal Barnadi mengatakan bah­wa dalamw aktu dekat akan menggelar kejuaraan Panahan kategori pelajar.

Dikatakannya, kejuaraan terse­but ditujukan untuk menjaring calon atlet dari kalangan pelajar untuk di­persiapkan menjadi atlet panahan handal yang akan diterjunkan di ajang Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat (Porda Jabar) XIII/2018 men­datang di Kabupaten Bogor.

“Kalau penjaringan calon atlet dilakukan saat ini, kita akan mem­punyai cukup waktu untuk membina calon atlet hingga matang. Kita masih ada waktu setidaknya dua tahun un­tuk menggembleng mereka melalui latihan rutin dan berbagai kejuaraan yang digelar di daerah lain,” katanya.

Baca Juga :  Kejuaraan Taekwondo Pelajar se-Jawa Barat Digelar, Sebagai Sarana Pengembangan Prestasi Taekwondo Jenjang Pelajar 

Selain itu, lanjutnya, kejuaraan antar pelajar tersebut sekaligus men­jadi ajang test drive bagi para pela­tih baru hasil pelatihan yang digelar tanggal 19-21 Oktober 2015 lalu. Pela­tihan tersebut diselenggarakan oleh Perpani Kota Bogor bekerjasama dengan Perpani Jawa Barat ( Jabar).

“Pelatihan ini penting digelar agar para pelatih panahan Kota Bo­gor bisa melakukan regenerasi bibit atlet selanjutnya. Sekaligus menjajal hasil pelatihan yang diterima oleh para pelatih baru dari Perpani Jabar beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pela­tihan Panahan tersebut diikuti oleh 20 orang guru olahraga dari sekolah – sekolah se-Kota Bogor. Pelatihan tersebut merupakan perekrutan pela­tih profesional yang diikuti 10 guru olahraga Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan sepuluh guru olahraga Sekolah menengah atas (SMA) untuk bisa mencetak, dan menyeleksi para atlet berbakat menjelang Pekan Olah­raga Nasional (PON) XIX/2016.

Baca Juga :  Gelorakan Masyarakat Berolahraga Melalui Kegiatan Fun Bike 

‘’Dari hasil pelatihan kemarin, akan muncul pelatih andal yang langsung bisa melakukan pelatihan di sekolah masing-masing. Dengan demikian, dari jumlah 20 sekolah yang berhasil melakukan pelatihan, kita berharap mereka mampu membentuk klub olahraga panahan, dan mengge­lar event antar pelajar,” lanjutnya.

Rizal menjelaskan, perkemban­gan para pelatih ini, akan terus di­monitor, untuk dapat dilakukan eval­uasi setiap tiga bulannya. “Bagi para pelatih nanti akan mendapat serti­fikat dari Perpani Jawa Barat. Kita berharap pada PON mendatang atlet panahan Kota Bogor bisa berkontri­busi untuk Jabar memberikan raihan prestasi,” pungkasnya.