ALUMNI-IPBBOGOR TODAY – Ratusan peneliti hutan dari Alumni Fakultas Kehutanan Insti­tut Pertanian Bogor (IPB) Angkatan 28 menginisiasi gerakan penghijauan un­tuk Kota Bogor. Mereka berkumpul dan melakukan pembahasan serius di Hotel Sahira, Jalan Ahmad Yani, akhir pekan kemarin.

Dari pertemuan kecil ini, dihasilkan kesepakatan, Alumni Kehutanan IPB akan mencoba melakukan gerakan peng­hijauan massal dengan melibatkan selu­ruh elemen peneliti dan ahli pohon yang kini sudah bekerja di instansi pemerin­tahan dan Luar Negeri. Selain merakit jaringan peneliti, Heri dan kawan-kawan juga meminta BOGOR TODAY untuk menjadi media pendamping dan partner­ship program selama pelaksanaan giat berlangsung.

BACA JUGA :  Digadang Gantikan Bima Arya, Ini Sosok Hery Antasari Pj Wali Kota Bogor

“Komunitas ini sudah lama terben­tuk. Namanya Berandal, singkatan dari Bravo Angkatan Dua Delapan. Kami berkomitmen penuh menghijaukan kembali Bogor yang kini telah terasa se­makin panas dan sumpek,” kata Anggota Alumni Kehutanan IPB Angkatan 28, Heri Cahyono, kemarin.

Politikus Golkar yang kini menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor itu juga menambahkan, Berandalan sangat prihatin dengan banyaknya kasus po­hon tumbang dan rentannya bencana kemarau di Kota Bogor. “Ini di luar batas kewajaran. Kota Bogor yang dikenal se­bagai kota hujan, kok bisa terjadi kema­rau. Ini menjadi perhatian kami sebagai peneliti hutan agar menjaga kelestarian air bawah tanah,” kata dia.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Lantas, apa yang akan dilakukan kedepan? Heri dan kawan-kawan akan melakukan aksi penanaman pohon se­cara massal ke seluruh titik sumber air. “Ini untuk menyimpan cadangan air saat musim kemarau. Dalam waktu dekat, kami akan kumpulkan semua jaringan. Termasuk juga urusan pendanaan dan donasi dari luar dan dalam negeri,” tan­das anak emas Idrus Marham, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Umum DPP Partai Gol­kar itu.

(Yuska Apitya Aji)

============================================================
============================================================
============================================================