Untitled-3Anda pernah merasa gugup saat diminta presentasi karena tak terbiasa berbicara di depan umum? Atau khawatir lantaran orang terkasih tak kunjung memberikan kabar?

Oleh : ADILLA PRASETYO W
[email protected]

Perasaan seperti itu merupakan hal lumrah. Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia Danardi Sasro­sumiharjo, setiap orang bisa men­galami kecemasan atau anxiety. ”Terlebih dengan tekanan hidup di zaman sekarang,” ujarnya.

Cemas, Danardi melanjutkan, berbeda dengan takut. Bedanya ada pada sumber. ”Takut memi­liki sumber yang jelas di depan mata, seperti berpapasan dengan harimau yang siap menerkam di hutan,” katanya. ”Tapi kalau cemas itu ketakutan dengan ses­uatu yang tak jelas, seperti pasan­gan yang tidak kunjung pulang.”

Gejala cemas beragam, me­liputi kecemasan terhadap masa depan, ketegangan motorik- -contohnya berjalan mondar-mandir dan bicara berulang serta over-aktivitas otonomik, seperti berkeringat dan pusing.

Penyebab kecemasan send­iri cenderung tak jelas. Secara garis besar, ada tiga penyebab, yaitu biologis, psiko-edukasi, dan sosio-kultural. Secara biologis, hormon dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan. Contohnya saat perempuan datang bulan, dia bisa lebih gampang marah dan sensitif. Penyakit otak dan gang­guan neurotransmitter juga ma­suk kategori ini.

BACA JUGA :  Tambah Imunitas Tubuh dengan 8 Makanan dan Minuman Ini

Sedangkan psiko-edukasi, misalnya kejadian yang pernah dialami sebelumnya, menyebab­kan trauma, tekanan lingkungan, dan pola asuh orang tua. Anak yang dibesarkan oleh orang tua yang gampang cemas ada ke­mungkinan juga akan mengalami masalah serupa. Adapun sosial-kultural menyangkut norma yang dianut masyarakat, budaya, atau agama. Misalnya “pantangan” bagi perempuan didahului meni­kah oleh adik laki-lakinya dalam budaya Jawa.

Menurut dokter spesialis ke­sehatan jiwa, Andri, kecemasan sebenarnya manusiawi. Dalam banyak kasus, cemas justru memotivasi untuk mempersiap­kan diri. Ketika akan maju presen­tasi di depan umum, contohnya, orang akan mempersiapkan diri agar tak malu saat di panggung.

Namun, dalam banyak ka­sus, kecemasan ini bisa menjadi tak tertangani. Bahkan saat ma­salahnya selesai. Ujungnya, bisa depresi. Efek lain meliputi jantung berdebar keras, sulit bernapas, dan asam lambung meningkat. Padahal tak ada masalah dengan fisiknya. “Banyak orang datang ke dokter dengan keluhan fisik, tapi setelah diperiksa, semuanya nor­mal,” kata Andri lagi.

BACA JUGA :  Tingkatkan Ingatan dengan 5 Cemilan Sehat Ini, Nomor 4 Sering Dikonsumsi

Andri mengatakan setiap orang punya cara sendiri men­gatasi ketidaknyamanan ini. Ke­mampuan mengatasi kecemasan bisa dilatih dengan menerima kondisi secara lapang dada. Hal ini bisa dilakukan dengan men­genali diri terlebih dulu. “Kenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri,” kata psikiater sep­erti ditulis Koran Tempo, Senin (16/11/2015).

Pola hidup sehat dan rutin berolahraga juga bisa menguran­gi tingkat kecemasan. Hormon endorfin yang meningkat dengan olah tubuh bisa membuat pikiran rileks. Kecemasan juga bisa di­kurangi dengan bercerita kepada teman. Untuk sebagian orang, dengan didengarkan, separuh beban serasa hilang.

Namun jika terus mengeluh berkepanjangan, kata Andri, itu tanda bahwa jiwa tak kuat menanggung beban yang ada. Jika demikian, atau muncul ke­luhan fisik berkepanjangan, penderita perlu bantuan orang lain. Caranya, bisa berkonsultasi dengan psikolog ataupun psikia­ter. Mereka akan mencoba men­gatasi rasa cemas pasien dengan mengobrol. Tapi jika konsultasi tak mampu membuat kondisi stabil atau pasien meminta, psikiater bisa memberikan obat. “Ini jika kondisi sudah parah,” ujar Andri. (*)

============================================================
============================================================
============================================================