x4BOGOR, Today – Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perba­si) Kabupaten Bogor mengenang masa keemasan cabang olahragan­ya pada perhelatan Pekan Olahra­ga Daerah Jawa Barat (Porda Jabar) XI/2006 di Kabupaten Karawang.

Sekretaris Umum (Sekum) Perbasi Kabupaten Bogor, Ikhsan Ayatullah memaparkan bahwa Perbasi Kabupaten Bogor kala itu sukses mendulang medali emas. “Kami ingin memutar kembali memori itu pada perhelatan Porda Jabar XIII/2018 mendatang,” kat­anya.

Lebih lanjut Ikhsan mengaku Pengcab Perbasi Kabupaten Bogor telah menyiapkan amunisi terbaik berupa sederet pebasket handal kelahiran tahun 1998. “Para atlet kelahiran tahun 1998 nanti pada waktu perhelatan Porda Jabar XIII/2018 pas memasuki usia emas,” ujarnya.

Perbasi pun akan menurunk­an dua tim putra, dan putri den­gan proyeksi meraih dua medali emas. Namun demikian, mereka meminta dukungan penuh dari KONI Kabupaten Bogor untuk bisa memberikan support baik moril maupun materiil.

“Kami mempunyai mimpi un­tuk mengulang kesuksesan seperti pada Porda di Kabupaten Karawa­ng 2006 lalu. Tapi, kami meminta dukungan dari KONI dalam berb­agai hal seperti sarana dan prasa­rana latihan, biaya, dan menjaga atlet supaya tak hengkang ke dae­rah lain,” ucapnya.

BACA JUGA :  Marc Marquez Tertajuh di Circuit of The Americas

Ihsan sendiri menjamin para atletnya tak akan hengkang. Tapi, yang menjadi perhatian, saat ini para atletnya banyak yang duduk di kelas dua, dan tiga SMA. Pi­haknya hanya ingin KONI mem­bantu mereka yang akan menerus­kan ke jenjang perguruan tinggi. “Jangan sampai ada atlet yang meneruskan ke perguruan tinggi di luar Jawa Barat. Itu akan me­nyulitkan kami dalam program latihan,” tegasnya.

Perlu diketahui, lanjutnya, saat Porda Jabar XI/2006 lalu, Perbasi melakukan try-in jangka panjang selama tiga tahun, dengan biaya 1,2 miliar per tahun. Program jang­ka panjang itu dilakukan di rumah sang pelatih, Herman Kintono. “Saat itu kami menggelar pro­gram latihan di Ciawi. Biaya yang dikelurkan tidak sedikit, tapi hasil­nya, tim basket Kabupaten Bogor mampu mematahkan dominasi Kota Bandung, dan meraih medali emas Porda 2006,” paparnya.

BACA JUGA :  Nathan Tjoe-A-On Dipastikan Perkuat Indonesia di Piala Asia U-23

Terpisah, Ketua Bidang Ke­pelatihan Perbasi Kabupaten Bo­gor, Budi Giant mengatakan, tim pemandu bakat sudah merilis beberapa pemain yang tampil ba­gus saat mengikuti event Bupati Cup kedua. “Pembinaan kepada atlet potensial akan kami lakukan. Saya sudah mempunyai data atlet, seleksi ketat siap dilakukan,” kata Budi.

Wakil Ketua Umum KONI, Dedi Budiman mengatakan, pihaknya sangat paham apa yang diutara­kan Perbasi saat melakukan ex­pose. “Kami akan sampaikan hasil pemaparan Perbasi kepada ketua umum. Saya berharap, target meraih medali emas bisa terwu­jud,” kata Dedi.

Tak lupa, Dedi pun memberi­kan ucapan selamat kepada Perba­si yang baru saja menggelar event Bupati Cup kedua. “Saya yakin, hasil Bupati Cup tersebut akan melahirkan pebasket potensial,” pungkasnya.

(Adilla Prasetyo Wibowo)

============================================================
============================================================
============================================================