BOGOR, Today – Seolah tak berseri bila membicarakan prestasi maupun inovasi yang dikembangkan Sekolah Menengah Ke­juruan (SMK) Negeri 1 Bogor. Yang terbaru, siswa berhasil membuat pakaian khas ‘Pa­sundan’ yang bahan mentahnya merupakan daur ulang limbah rumah tangga.

Karya siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kewirausahaan tersebut, dipamerkan saat kontes pakaian adat ber­tema ‘Guru Tanah Pasundan’ yang diadakan di Gedung Aula IPB Jalan Pajajaran, Bogor, baru-baru ini. Fesyen kreasi siswa SMKN 1 Bogor mendapat perhatian khusus dari para pengunjung maupun tim juri.

“Pola pembuatan pakaian Sunda ini ter­inspirasi dari pakaian keseharian para guru di SMKN 1,” kata Guru Pembimbing Pro­gram, Yulihartati.

BACA JUGA :  Dedie Rachim Apresiasi Renovasi MCK SDN Semeru 6 Kota Bogor

Diterangkannya, dalam pembuatan busana daur ulang ini, sama sekali tidak membutuhkan biaya, sebab 97 persen kom­ponennya merupakan limbah rumang tang­ga seperti bekas bungkus kopi, bekas bung­kus snack sampai kantung plastik.“Hanya resleting saja yang bukan daur ulang,”terang Yulihartini.

Pembuatannya, kata dia, memakan waktu dua bulan. Atas prestasi ini pihak sekolah kian bergairah untuk membuat ber­bagai produk daur ulang kedepannya.

“Sejauh ini kita sudah punya tas laptop dari bungkus plastik kopi ataupun sabun cuci, dan itu sangat mendapat sambu­tan hangat dari para guru SMKN 1 sendiri. Dengan membelinya untuk dipakai sehari-hari,”ulasnya.

BACA JUGA :  Dedie Rachim Apresiasi Renovasi MCK SDN Semeru 6 Kota Bogor

Kepala SMKN 1 Bogor, Chairil Anwar ber­harap, dengan adanya kegiatan serta ide-ide inovasi baru dari guru maupun siswa, otom­atis akan merangsang motivasi kepada anak didik lain untuk lebih mengembangkan kre­atifitasnya. “Semoga ini semua merupakan langkah besar menciptakan para pelajar yang mempunyai jiwa kewirausahan besar, kala melihat peluang usaha di setiap keg­iatan sehari-hari untuk menciptakan lapan­gan pekerjaan,” harapnya.

(Latifa Fitria)

============================================================
============================================================
============================================================