Untitled-17BOGOR, Today – Hari ini pembukaan kejuaraan Olahraga Pencak Silay Tro­py Kementerian Pemuda dan Olah­raga (Kemenpora) digelar di Gelang­gang Olahraga (GOR) Pajajaran.

Dipastikan 459 peserta dari 57 PS Se- Jabar-Banten serta DKI akan unjuk ke­bolehan dalam perhelatan ini di depan Menteri Pemuda dan Olah raga (men­pora) Imam Nahrwai yang rencananya akan hadir membuka kejuaraan ini.

“Kita sudah komunikasi dengan tiga deputi disana untuk memasti­kan Menpora hadir untuk membu­kanya,” ujar Wakil Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat ( Jabar), Helmi Sutikno yang juga ketua pelak­sana Kejuaraan Olahraga Pencak Si­lay Tropy Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Untuk persiapan sendiri kata dia sudah rampung dan tinggal pelaksa­naan saja besok (hari ini,red) dimulai dengan tehnical meeting (TM) den­gan para Perguruan silat pada pukul 09:00 Wib di Gdung KONI Kota Bo­gor. Setelah itu dilakukan gladiresik di GOR Pajajaran Bogor.

Baca Juga :  Izin Cari Belut, 2 Bocah di Pringsewu Ditemukan Tewas Tenggelam

Rencananya selain menpora, Wa­likota Bogor Bima Arya ikut membuka acara ini serta para tokoh-tokoh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bogor.

Perhelatan ini dibuka dengan demonstrasi pencak silat oleh para sesepuh pencak silat dan para pesilat bule yang tergabung di perguruan silat (PS) PGB Bagau Putih. “Kita juga men­gundang Wushu untuk ikut menyema­rakkan demonstrasi,” kata Helmi.

Pertandingan dimulai pukul 12:00 Wib, setelah itu diikuti dengan pembukaan kejuaraan yang dime­riahkan dengan upacara bendera dari SMA PGRI 3 Bogor serta Kodim, marching band dari SMPN 1 Bogor.

Baca Juga :  Buaya 4,5 Meter di Kabupaten Buton Berhasil Ditangkap Warga

“Semuanya sudah dipersiapkan secara matang, tinggal masalah tek­nis di lapangan saja saat pelaksanaan hari H (besok,red) ujar ketua Seksi acara Nani Maryani kepada BOGOR TODAY,Minggu (22/11/2015).

Sementara itu, terkait persiapan Juri dan wasit, akan melibatkan 40 orang juri dan wasit profesional dari Jawa Barat.

“Semua sudah siap, tinggal pem­bagian tugas saja, karena mereka bisa menjadi wasit dan juri,” ujar Ketua Lembaga Wasit Juri Pengda Jabar S Suhendi.

Ada 16 kelas yang akan dipertand­ingkan dalam kejuraan ini yang mem­perebutkan 56 medali yang terbagi dalam perorangan, beregu dan ganda.

(Imam)