jokowi-capresSelamat datang investor Jepang. Janjikan Presiden Joko Widodo untuk mengundang 1000 pengusaha negeri matahari terbit, Senin (23/11/2015) benar-benar dibuktikan.

Oleh : Alfian Mujani
[email protected]

Mantan Walikota Solo ini menerima kedatangan dele­gasi Jepang di Istana Negara, Jakarta. Delegasi tersebut dipimpin oleh Toshihiro Nikai dengan beberapa anggota yang ter­diri dari anggota parlemen Jepang, pejabat pemerintah pusat, dan daerah hingga ka­langan pengusaha yang tergabung dalam Keidanren.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan resepsi bertajuk Pesta Malam Pertukaran Jepang-Indonesia, yaitu sebuah jamuan makan malam dan diiringi penampilan kebudayaan dari kedua negara. Jamuan makan malam digelar di Hotel Mulia, Jalan Asia-Afrika, Senayan, Jakarta Selatan. Jokowi hadir ditemani oleh Menteri Luar Negeri Retno Mar­sudi, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Kepala Badan Koordi­nasi Penanaman Modal Franky Sibarani. Sementara para tamu yang merupakan delegasi dari Jepang yang hadir mencapai 1.000 orang.

Saat tiba di lokasi acara, Jokowi disambut tepuk tangan meriah oleh para tamu undan­gan yang hadir. Beberapa orang juga nampak mengabadikan ke­datangan Jokowi dengan kamera smartphone.

Baca Juga :  Hotel Asana Grand Pangrango Hadirkan Promo Menginap Serta Food And Beverages

Ginanjar Kartasasmita, Ketua Dewan Penasihat Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang menuturkan agenda ini bertu­juan untuk mendorong hubun­gan lebih erat antar kedua ne­gara. Terutama untuk menindak lanjuti kebijakan bebas visa bagi warga Jepang yang berkunjung untuk wisata ke Indonesia.

“Pihak Jepang berkomitmen menambah wisatawan Jepang ke Indonesia menjadi dua kali lipat. Di samping itu juga merealisasi­kan ekonomi investasi dan per­dagangan yang lebih luas antar kedua negara dan meningkatkan bilateral melalui people to peo­ple,” ujarnya di Hotel Mulia, Ja­karta, Senin (23/11/2015).

Sementara itu, sebelumnya Presiden Jokowi, menyebut Jepang sebagai partner yang san­gat penting bagi Indonesia dalam berbagai bidang. Hal ini disam­paikan oleh Jokowi saat acara resepsi bertajuk Pesta Malam Pertukaran Jepang-Indonesia di Hotel Mulia. Acara ini dihadi 1.000 delegasi Jepang.

Baca Juga :  Sempat Diajak Jadi Pengemis, Umang Konsisten Buat Besek

“Saya ingin sampaikan bahwa untuk Indonesia-Jepang adalah partner yang sangat penting. Partner untuk pembangunan, perdamaian, dan keamanan,” Kata Jokowi.

Lanjut Jokowi, hubungan yang telah terjalin saling mem­berikan manfaat antar kedua ne­gara. Hal ini harus dipelihara dan dijaga. “Selama ini Jepang sudah membuktikan kerja sama selama ini dan sangat menguntungkan. Saya percaya kunjungan ini akan memperkuat persahabatan kita, pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan membawa per­sahabatan kedua negara,” tam­bahnya.

Pemerintah Indonesia, lanjut Jokowi, berkomitmen menjaga hubungan yang telah terjalin se­lama ini. Komitmen ini, langsung memperoleh tepuk tangan dari 1.000 delegasi Jepang yang hadir dalam jamuan makan malam tersebut.

“Setengah dari hari Senin ini, waktu saya, saya berikan kepada tamu dari Jepang. Ini komitmen untuk mempererat hubungan Indonesia dengan Jepang,” ujar Jokowi yang langsung disambu­tan hangat. (*)