JONGGOL, TODAY – Kabu­paten Bogor dipilih sebagai lokasi Panen Pedet (sapi ke­cil) Provinsi Jawa Barat 2015, tepatnya di Lapangan Pe­rumahan Citra Nusa Indah, Jonggol, Selasa (24/11/2015).

Kepala Dinas Peternakan Provinsia Jabar, Dodi Firman Nugraha mengungkapkan, dipilihnya Jonggol sebagai lokasi panen pedet untuk mengapresiasi peternak di wilayah ini dan memotivasi peternak di wilayah lain.

“Supaya memotivasi pe­ternak lain untuk mengem­bangkan potensi pembibitan disamping budidaya ternak. Mudah-mudahan kebutuhan daging Provinsi Jabar bahkan hingga se-Indonesia mampu diwujudkan oleh para pe­ternak di Kabupaten Bogor,” ucap Dodi.

Baca Juga :  Satu Tahun Bertugas di Papua, 400 prajurit Elit TNI 315/Garuda Tiba di Bogor

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Adang Suptandar menegaskan, sektor pertani­an memiliki peranan penting dalam pembangunan daerah lewat perbaikan mutu gizi.

Menurut Adang, dipi­lihnya lokasi panen pedet di Kabupaten Bogor diharap­kan mampu mendorong pengembangan pelayanan pada sektor peternakan.

“Pemkab Bogor sangat berkomitmen melaksanakan program pembangunan pe­ternakan dengan melakukan pengembangan kawasan pe­ternakan untuk menjamin keberlanjutannya, baik hulu maupun hilir dalam sistem sentra peternakan rakyat,” ujar Adang

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bogor juga ber­harap, melalui pengemban­gan sentra peternakan rakyat ini mampu menciptakan efe­siensi dan efektivitas pelay­anan teknis dan ekonomi di sektor peternakan, seperti inseminasi buatan, kesehat­an hewan, pakan, bibit, sa­rana prasarana peternakan serta pelayanan ekonomi seperti pasar dan rumah po­tong hewan.

Baca Juga :  Tirta Pakuan Sosialisasi Air Bersih dan Jaringan Perpipaan di Kelurahan Sukadamai

“Pada tahun 2016 Pemkab Bogor segera mewujudkan sentra peternakan rakyat sebanyak 5 unit yang terdiri dari peternakan rakyat sapi potong sebanyak 3 unit, sen­tra peternakan rakyat sapi perah sebanyak 1 unit dan sentra peternakan rakyat kerbau sebanyak 1 unit,” pungkas Adang.

(Rishad Noviansyah)