20151127_091541Setelah menekuni profesi marketing di beberapa perusahaan pengelola padang golf, Ainul Mardiah memilih membuka usaha sendiri ”Rumah Sehat’’ di Sentul Sirkuit, Kabupaten Bogor.

Oleh : Alfian Mujani
[email protected]

Dasarnya dulu saya suka banget pijat. Tetapi kalau saya pengen pijat, suami lebih banyak tidak bisa mengantarnya,’’ ujar Iin, sapaan Ainul Mardiah kepada Bogor Today, Minggu (29/11/2015)

Sebagai profesional marteking di bidang usaha golf, Iin memang memiliki relasi yang sangat luas. Umumnya mereka adalah perusahaan atau perorangan yang memi­liki hobi main golf. Untuk mengelola pemasaran padang golf ini, gampang-gampang susah, apalagi di Bogor kian banyak lapangan golf. ‘’Nah, untuk menghilangkan rasa jenuh dan capek saya suka pijat,’’ katanya.

Kebiasaannya pijat inilah kemudian memotivasi Iin untuk menekuni bisnis massage dan relaksasi treatment. ‘’Alham­dulillan, bidang usaha ini sudah saya tekuni selama enam tahun,’’ ujar wanita berjilbab berdarah Palembang ini.

Iin tak memungkiri betapa banyaknya rintangan yang dia hadapi ketika merintis usaha ini. Mulai dari suami hingga perekrutan tenaga terapys yang ternyata tidak mudah. ‘’Suami semula kurang setuju dengan rencana saya. Tetapi alhamdulillah kemudian sangat mendukung setelah saya jelaskan detil konsem usahanya,’’ katanya.

Awalnya Iin membuka salon dan spa khusus wanita. Ternyata usahanya tersebut tidak berjalan mulus. Sangat jarang sekali kaum perempuan di kawasan Sentul yang menggunakan jasa salon dan spa. ‘’Akhirnya salon saya terbuka untuk pria dan wanita. Eh ternyata laris. Kebanyakan yang datang ke salon justru lelaki,’’ katanya sambil terkekeh.

Tantangan lain, menurut Iin adalah pada sisi pengeluaran. Banyak pengeluaran tidak resmi yang ha­rus dipikul. Bahkan jumlah pengeluaran tidak resmi ini jauh lebih besar ketimbang pengeluaran resmi. ‘’Alhamdu­lillah selama ini saya bisa mengatasi semua ini. Kalau tamu sih jarang yang minta gratis, termasuk aparat keamanan dan aparat pemda juga tetap mereka bayar,’’ katanya.

Kini usaha Rumah Sehat milik Iin terus berkembang. Selain melayani para tamu yang datang ke Sentul Sirkuit, juga bekerjasama dengan beberapa hotel di Kota Bogor diantaranya Hotel Papaho Jl KS Tubun Warung Jambu. ‘’Di hotel sifatnya kerjasama, jadi bagi hasil dengan pi­hak hotel. Yang mengelola juga mereka,’’ katanya.

Untuk meningkatkan jumlah pelanggan, Iin juga rajin membuat program promo. Seperti sekarang dia sedang menggeber program diskon 25% untuk hari Senin-Jumat mulai pukul 11-14. Jasa yang diberikan antara lain mas­sage tradisional, massage tradisional aroma terapy, dan relaksasi treatment yakni massage, lulur, dan masker. Ingin mencoba? Silakan datang ke Jl Raya Sirkuit Sentul Ruko Gerbang Sentul nomor 03.

============================================================
============================================================
============================================================