klitschko-fury112815-getty-ftrjpg_jmsbt3av8c91z335mvuqxsmiSejarah baru terukir di kelas berat tinju dunia. Juara bertahan yang telah mempertahankan gelarnya selama sembilan tahun tujuh bulan dan tujuh hari, Wladimir Klitschko tumbang di tangan petinju Inggris berusia 27 tahun, Tyson Fury di ESPRIT Arena, Dusseldorf, Jerman.

Oleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

Fury menang dengan an­gka mutlak alias unani­mous decision.

Tiga juri Ramos Cerdan, Raul Caiz Sr dan Cesar Ramos memberikan angka 116-111, 115-112, dan 115-112 untuk Fury.

Dan petinju kelahiran Man­chester itu menyejajarkan dirinya dengan legenda tinju lainnya, seperti Mike Tyson yang merun­tuhkan dominasi petinju kelas be­rat yang menjadi juara bertahan.

Fury sendiri tidak tampak ber­tarung dengan sempurna, namun ia lebih sibuk melayangkan puku­lan ke tubuh petinju asal Ukraina. Terlihat performa Klitschko mulai menurun seiring bertambahnya usia sang petinju yang saat ini be­rumur 39 tahun.

“Ini (kemenangan,red) merupakan mimpi yang men­jadi nyata. Kami bekerja keras melakukannya dan saya ber­hasil melakukannya. Sulit un­tuk datang ke luar negeri dan memenangi keputusan, hal ini berarti banyak bagi saya datang ke sini, dan memenangi kepu­tusan,” ucap Fury diberitakan ESPN, Minggu (29/11/2015).

BACA JUGA :  Laga Penentuan Timnas Indonesia vs Yordania di Piala Asia U-23 2024

“Saya ingin berkata kepada Wladimir, Anda juara yang hebat dan terima kasih banyak memilih saya. Ini menyenangkan dan juga pertarungan selama berlangsung tadi,” lanjutnya.

Kemenangan Fury pun diakui Klitschko. Tidak mengeluh dan menerima dengan lapang dada kekalahannya, Klitschko memuji Fury yang dinilai lebih cepat dan lebih baik dari dirinya.

“Tyson lebih cepat dan lebih baik hari ini. Saya merasa cu­kup nyaman di enam ronde per­tama, tapi saya terkejut Tyson lebih cepat di ronde berikutnya. Saya tak bisa melepaskan puku­lan dengan tangan kanan saya, karena keuntungan jarak lebih panjang dari yang ia miliki,” jelas Klitschko.

Klitschko Ingin Tanding Ulang

Gelar juara tinju kelas berat dunia yang digenggam Wladimir Klitschko selama sembilan tahun lebih akhirnya lepas dari gengga­mannya.

Ia kalah via kemenangan mut­lak atau unanimous decision, dengan angka angka 116-111, 115- 112, dan 115-112 oleh Tyson Fury.

Petinju asal Ukraina kaget Fury yang berusia 27 tahun, mampu menyudutkannya dan melayangkan pukulan hebat yang menjadi angka untuk Fury, pada pertandingan yang berlangsung di ESPRIT Arena, Dusseldorf, Jer­man.

BACA JUGA :  Kemenangan Timnas Indonesia jadi Modal Penentu Kontra Jordania

Klitschko (39) pun tak me­nyangka Fury dapat melakukan­nya, dan ingin melakukan re­match atau tanding ulang. Sebab, ia mengakui Fury unggul dari segi kecepatan, dengan ukuran tubuh­nya yang besar itu.

“Akan ada pertandingan ulang. Saat ini masih terlalu dini, dan saya masih harus mempros­es beberapa hal, tapi jelas nanti akan ada pertandingan ulang. Saya sangat siap untuk pertarun­gan ini, tapi dia sangat cepat un­tuk petinju dengan ukuran badan sepertinya,” ucap Klitschko di­beritakan Boxing Scene, Minggu (29/11/2015).

Dirinya tak pernah percaya melakukan apa yang telah dilaku­kannya, di laga ini dia cepat. Al­hasil ia tak bisa menemukan jarak yang tepat.

“Saya kalah bertarung, tapi jiwa petarung masih ada dalam diri saya. Kami akan segera bekerja, kapan dan di mana tanding ulang akan berlangsung, saya akan memberitahu Anda,” pungkas saudara kandung Vitali Klitschko itu. (*)

============================================================
============================================================
============================================================