Untitled-6SMK Bina Profesi Bogor menjadikan Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) sebagai program unggulan. Dengan pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang profesional, menjadikan jurusan ini san­gat tinggi peminatnya bagi para lulusan SMP untuk melanjutkan studinya.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Kepala Sekolah SMK Bina Profesi, Mochamad Dadi R mengungkapkan, tingginya peminat jurusan ini men­jadi tantangan bagi sekolahnya untuk memberikan pendidikan terbaik bagi peserta didiknya yang telah diamanah­kan orang tuanya.

“Wajar saja jika TKJ menjadi favorit dan pilihan di SMK Bina Profesi. Selain karena pembelanjarannya bisa men­jamin kebutuhan masa depan, seko­lah kami juga termasuk murah dalam pembiayaan. Karena kami paham jika pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara tanpa mengesamping­kan kualitasnya,” kata dia.

Demi menyambut masa depan, jurusan ini mempersiapkan siswa dan siswinya untuk memiliki keahlian dalam bidang Pemrograman Komput­er, Sistem Jaringan Komputer hingga Aplikasi Client Server.

Disekolah ini, peserta didik den­gan sungguh-sungguh dibekali keter­ampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam merakit, menginstal program, merawat dan memperbaiki komputer serta jaringannya.

Tak hanya itu, Arif Kurnia sebagai salah satu pengajar di program TKJ menyebutkan, pendidikan terbaik dan seimbang bagi siswa-siswi TKJ perlu di­lakukan dengan baik.

Baca Juga :  ITB VINUS Sambangi DPRD Sampaikan Pengembangan SDM Berbasis Pendidikan

“Keseimbangan antara memberi­kan pengetahuan, keterampilan serta ahlak yang dilandasi oleh ketaqwaan kepada Tuhan. Sehingga setelah lulus nanti siswa-siswi kita akan menjadi lulu­san yang profesional yang mampu ber­saing dalam dunia kerja serta menjadi pula siswa-siswi yang bertaqwa, cerdas lahir maupun batin,” ungkap Arif.

Selain TKJ, jurusan favorit di SMK yang banyak dipilih oleh peserta didik adalah Pemasaran dan Administrasi Perkantoran. Dua Program Keahlian ini juga merupakan bagian dari jawa­ban untuk memenuhi kebutuhan du­nia usaha dan industri.

Tenaga-tenaga terampil dan profe­sional dinantikan sebagai bagian dari hasil pendidikan berkualitas di SMK Bina Profesi Bogor.

Untuk mendukung kesungguhan dan keberhasilan proses pembelaja­ran, SMK Bina Profesi Bogor termasuk sekolah yang memiliki lokasi strategis dengan gedung milik sendiri, ruang komputer yang berAC serta ruang ke­las yang nyaman.

Berbagai kegiatan yang ikut men­dukung dan membentuk karakter siswa melalui ekstrakurikuler mu­lai dari seni, pecinta alam, paskibra, pramuka, futsal, hingga kegiatan ro­hani Islam turut membangun kualitas lulusan siswa.

Baca Juga :  Bupati Ade Yasin Klaim 80 Persen Sekolah Sudah Tatap Muka

“Para siswa membutuhkan wadah untuk mengembangkan minat dan bakat, melatih diri untuk membentuk karakter dan jati dirinya,” tambah Arif yang juga Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Kegiatan ini juga melahir­kan prestasi bagi sekolah ini. Seperti yang dipersembahkan oleh para siswa yang aktif dalam kegiatan musik, mam­pu menjadi s a l a h satu juara dalam Bogor Education Fair di Puri Begawan, baru-baru ini.

Tak jarang, para guru dan tenaga kependidikan di SMK Bina Profesi juga turun langsung mempelajari berbagai karakter budaya yang ada di Jawa Barat agar mampu menularkan nilai kearifan lokal kepada para siswanya.

Kualitas pendidikan juga dijamin oleh para pendiri SMK Bina Profesi yang sudah lama berkecimpung di du­nia pendidikan dan dunia bisnis, selain telah bekerjasama dengan berbagai instansi dan industri baik pemerintah maupun swasta dalam program ma­gang. Sebab itulah, SMK Bina Profesi Bogor layak menjadi salah satu pilihan pendidikan untuk merajut dan men­jawab kebutuhan masa depan. (*)