IMG-20120118-00231Jangan anggap remeh bisnis online. Fakta menunjukkan bahwa toko online telah mencetak banyak miliuner, bahkan triliuner. Di Indonesia, sedikitnya ada tujuh orang yang sukses meraup dolar melalui bisnis online. Bahkan, Akimitsu Sano, berhasil mengisi pundi-pundinya hingga Rp 13 triliun dari bisnis ini.

Oleh : Alfian Mujani
[email protected]

Pernah mencicipi makanan Jepang? Bisa jadi resepnya berasal dari AkimitsuSano. Pria asal negeri matahari terbit ini punya situs berbagi resep masakan yang diakses oleh 58,8 juta pengguna.

Ada 2,1 juta resep di situs bernama Cookpad.com itu, mulai dari resep tradisionalJepang hingga masakan barat seperti Bolognese pasta dan cheesecake.

 Seperti dikutip dari Forbes, Jumat (11/12/2015), dalam tujuh tahun terakhir, Cook­pad sudah menambah penggunanya hingga 12 kali lipat sehingga menjadi situs ke-55 pal­ing sering dibuka di Jepang. Peng­gunanya kebanyak wanita Jepang berumur 20-30 tahun.

Sano, yang mendirikan perusa­haan ini pada 1997, menggelar initial public offering (IPO) di 2009 lalu. Omzetnya melonjak 80% menjadi USD 65 juta tahun lalu, dengan laba USD 19 juta.

Sahamnya terus menanjak, dalam sebulan sudah naik 20%. Sano yang punya 44% saham di perusahaannya itu kini sahamnya bernilai USD 1 mil­iar (Rp 13 triliun).

Pria berumur 42 itu jarang mau berbicara kepada media maupun di hadapan publik. Tidak banyak info yang bisa didapat tentang dia. Orang hanya tahu bahwa dia adalah lulusan Universitas Keio dan sebelumnya berkarir di Cookpad.

Sano berhenti menjadi CEO pada 2012 untuk berkonsentrasi di pe­rusahaan yang dibelinya, Minnano Wedding, sebuah situs yang menye­diakan pembahasan tentang lokasi-lokasi pernikahan.

Sano juga membeli Cucumber­town awal tahun ini, sebuah blog tentang makanan di Amerika Seri­kat (AS). Analis memprediksi omzet Cookpad bisa menembus USD 112 juta tahun ini, dan naik lagi jadi USD 150 juta tahun depan.

Di Indonesia sendiri sudah ban­yak kisah pengusaha yang sukses dari bisnis online. Bisnis online di Indonesia sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, dan ada banyak pelopor yang telah membuka jalan dan ide-ide baru bagi pelaku bisnis ini.

BACA JUGA :  Ini 5 Oleh-oleh Khas Bogor, Cocok Buat Dijadikan Cinderamata

Mereka yang sukses ini bahkan su­dah merintis sejak tahun 90-an. Pada saat itu mungkin internet belumlah terlalu diminati atau memang belum begitu dipahami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, tidak seperti sekarang ini. Berikut ini profil mer­eka:

Hendrik Tio

Hendrik Tio adalah pendiri dan pemilik toko online yang sangat dikenal yakni Bhinneka.com. Situs ini telah berdiri sejak tahun 1999. Sekarang toko tersebut bahkan bisa mengantungi omset mencapai Rp 60 miliar setiap tahunnya

Modal awal yang dikeluarkan oleh Hendrik Tio hanya sekitar Rp 100 juta. Pekerjaan Hendrik Tio selama satu dekade ini tidak sia-sia.

Anne Ahira

Anne Ahira adalah salah satu nama yang cukup mengundang kon­troversi di ranah internet marketing. Hal ini dikarenakan ada beberapa orang yang berujar bahwa Anne Ahi­ra adalah seorang penipu dan mera­gukannya sebagai seorang pebisnis online.

Wanita yang lahir di Bandung ini memulai bisnis online sejak ta­hun 2001 dan pada tahun 2005 dia mendirikan AsianBrain.com, yakni sekolah Internet Marketing yang di­lakukan secara online. AsiaBrain. com sendiri memiliki banyak ang­gota dari seluruh Indonesia. FYI, Anne Ahira pernah diundang oleh pemerintah untuk mewakili Indo­nesia sebagai pembicara APEC pada tahun 2007.

Andrew Darwis

Siapa tidak kenal Andrew Darwis dengan Kaskus.co.id yang merupak­an situs komunitas paling besar di In­donesia. Masih muda dan bertalen­ta, Andrew Darwis pelopor Kaskus. co.id, luar biasa.

Budiono Darsono

Budiono Darsono bisa dikatakan sebagai pelopor pendiri situs berita online pertama di Indonesia, yakni Detik.com. Siapa yang tidak men­genal Detik.com sekarang, sebagai salah satu portal berita terbesar di Indonesia?

BACA JUGA :  Resep Rendang Kentang untuk Menu Makan Bareng Keluarga Dijamin Bikin Nagih

Situs tersebut awalnya didirikan lantaran majalah Detik dibredel oleh pihak pemerintah Orde Baru karena dianggap berlawanan arus dan ber­beda haluan dengan pemerintah. Sementara itu, regulasi pemerintah mengenai media Internet belum banyak.

Rudi Salim

Diawali dari bisnis pembiayaan transaksi penjualan online, Rudi Salim pun aktif di bisnis online khu­susnya di bidang game online. Usah­anya berbuah hasil fantastis dengan didirikannya delapan cabang yang ada di delapan kota dengan omset Rp 1,3 miliar per bulan. Demi bisnis ini, Rudi harus mengorbankan ku­liah, mobil, dan bisnis karaoke milik keluarganya.

Suwandi Chow

Suwandi Chow adalah salah satu pebisnis online sukses Indonesia yakni bergerak di bidang konsultan website dan copywriting, yang sering membagikan berbagai informasi penting mengenai Internet Market­ing. Dia juga sering menjadi pembi­cara di berbagai seminar dari eProf­itMatrix.com, Underground Seminar di Indonesia dan juga berprofesi seb­agai live translator bahasa Inggris ke Indonesia di berbagai acara Internet Marketing.

Habibie Afsyah

Meski memiliki keterbatasan fisik (difabel), Habibie Afsyah sukses ber­bisnis online lewat afiliasi Amazon. com. Sekarang Habibie dikenal seb­agai tokoh bisnis online dan sering menjadi trainer dan telah mener­bitkan buku. Habibie juga sukses memproduksi produk kuliner unik dengan brand sendiri, yaitu Mbah Sukun.

Selain nama-nama di atas, masik banyak pebisnis online Indonesia yang sudah menikmati manisnya duit toko maya. Mereka berasal dari beberapa latar belakang yang berbe­da dan bahkan ada yang punya ket­erbatasan fisik. Mereka adalah pelo­por dan menjadi tokoh dalam dunia bisnis online di Indonesia.

Dalam bisnis online, salah satu hal mutlak yang dibutuhkan adalah ketekunan, tidak langsung sukses sekarang, mungkin di masa depan. Ada banyak cara dan bidang yang bisa tempuh sebagaimana contoh-contoh yang telah disebutkan di atas, mereka punya keahliah dan mau belajar di bidang masing-masing.

(detik|maxmaroe.com)

============================================================
============================================================
============================================================