ns-1LAMA tak terdengar, sepeda motor Bajaj Pul­sar 200NS kembali dengan kabar baik. Edisi ter­baru motor naked sport asal India itu dipastikan makin irit bahan bakar lantaran mesinnya kini berteknologi injeksi (fuel injection).

Meski dipastikan lebih irit, seperti dilansir laman Indianautosblog, kapasitas mesin sepeda motor Bajaj Pulsar 200NS injeksi tetap 199,5 cc dengan sil­inder tunggal. Sistem tiga busi (triple spark), pendin­gin udara, serta transmisi enam percepatan juga masih dipertahankan pada mesin berjenis SOHC itu.

Dengan demikian, mesin Pulsar 200NS kini sama persis dengan motor sport Pulsar RS200. Akan teta­pi Bajaj Auto masih merahasiakan besaran tenaga dan torsi Pulsar 200NS injeksi itu.

Seperti dik­etahui, Pulsar RS200 memi­liki semburan tenaga 24,5 hp dan torsi pun­cak 18,6 Nm. Se­dang­kan Pul­sar

200NS ketika masih dibekali mesin karbura­tor tenaganya se­dikit lebih rendah, yaitu 23,1 hp den­gan torsi 18,3 Nm.

Selain dibekali mesin yang lebih modern, Pulsar 200NS terbaru juga mendapat penyegaran kosmetik. Beberapa di antaranya adalah hadirnya striping dual tone baru serta emblem yang po­sisinya dipindah lebih ke depan.

Pabrikan yang bermarkas di Pune, India, itu mengatakan Pulsar 200NS akan diluncurkan 2016 mendatang. Diprediksi peluncuran itu dilakukan dalam pameran otomotif Delhi Auto Expo yang digelar bulan depan.

Sebagai informasi, sepeda motor Bajaj Pulsar 200NS sempat dihentikan produksinya sejak Juli 2015 lalu. Menurut Bajaj, hal itu dilakukan demi memaksimalkan produksi motor terbarunya, yak­ni AS200 dan RS200.

Selain meluncurkan Pulsar 200NS injeksi, ta­hun depan Bajaj juga akan meluncurkan Pulsar CS400. Motor bermesin 373,2 cc satu silinder itu disebut-sebut terinspirasi dari Ducati Diavel dan KTM Duke 390.

(hilman/net)

============================================================
============================================================
============================================================