hi-res-9186acc95abc153586f8a575ac976136_crop_exactCHELSEA bakal melakoni laga pertamanyamusim ini tanpa arahanJose Mourinho yang baru saja dipecat Roman Abramovich. The Blues akan menjamu Sunderlandpada pekan ke-17 Liga Primer Inggris, Sabtu (19/12/2015).

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Ya, Mourinho memang telah men­gakhiri kontraknya di Chelsea aki­bat hasil buruk yang diraih musim ini. Sebenarnya apa yang dialami Chelsea bukan mutlak kesalahan Mourinho, namun juga dari para pemain Chelsea yang seperti kehilangan performa terbaiknya musim ini alias susah mengulang permainan seperti tahun kemarin.

“Saya sedih karena Jose pergi. Pertama karena saya mengenalnya dengan baik dan kedua, ia adalah manajer dengan karakter bagus dan ini juga merupakan kehilangan besar bagi Premier League. Ini membukti­kan bahwa sehebat apapun kamu namun jika tim yang kamu tangani meraih hasil bu­ruk, kamu bisa kehilangan pekerjaanmu,” jelas Sam Allardyce, manajer Sunderland.

Tentunya akan menjadi tugas yang berat bagi para pemain Chelsea untuk kembali ke performa terbaiknya saat ini. Sialnya lagi, mereka juga sudah tidak boleh menelan kekalahan lagi di pertandingan ini karena jika itu terjadi, bisa saja mereka akan lang­sung masuk ke zona merah dengan catatan Norwich City dan atau Swansea City bisa menang atas lawan masing-masing.

Eden Hazard pun juga belum bisa dipas­tikan bisa main di laga ini. Sementara dari kubu Sunderland, Allardyce harus kehilan­gan Sebastian Larsson namun ia menyam­but kembalinya Lee Cattermole dan Younes Kaboul.

Diisi Guus Hiddink?

Ya, pelatih asal Belanda itu menjadi kan­didat kuat pengganti Jose Mourinho. Hiddink diketahui saat ini sudah di London, Inggris. Hal tersebut diketahui lewat penggalan foto yang memperlihatkan Hiddink sedang be­rada di Heathrow Airport, London.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Cara Melancarkan BAB Secara Alami, Bisa Cegah Sembelit Juga

Eks pelatih timnas Rusia dan Belanda ini memang santer disebut akan menjadi pela­tih interim Chelsea. Ia akan mengisi pos ko­song yang ditinggal oleh Jose Mourinho yang telah sepakat berpisah kemarin.

Sebelum ini, Hiddink juga telah mem­berikan kepastian bahwa memang sedang ada pembicaraan antara dirinya dengan Chelsea. Bahkan, ia juga tidak menutup ke­mungkinan akan hadir pada pertandingan Chelsea kontra Sunderland pada akhir pekan nanti di Stamford Bridge.

“Apakah iya atau tidak saya akan men­gunjungi pertandingan berikutnya tergan­tung pada pembicaraan pertama saya. Lalu saya akan memutuskan apakah saya harus tinggal di London lebih lama,” ujar Hiddink kepada De Telegraaf.

Pesangon Mou Cuma Seperempat

Pesangon Jose Mourinho seusai dipecat Chelsea ternyata tidak sebesar rumor media Inggris. Dia diperkirajan “cuma” mendapat­kan kompensasi sebesar 12 juta poundster­ling atau sekitar Rp 250 miliar.

Mourinho sebelumnya dikabarkan bakal mendapat pesangon sebesar 40 juta pound­sterling (seitar Rp 834 miliar) setelah dicopot dari jabatannya sebagai manajer Chelsea. Namun, kabar tersebut telah mendapat ban­tahan.

Menurut editor BBC Sports, Dan Roan, Mourinho tidak akan menerima uang pe­sangon sebesar 40 juta poundsterling sep­erti yang dikabarkan banyak media. Manajer asal Portugal itu hanya akan mendapat sisa dari gaji tahunannya yang akan dibayarkan secara bertahap hingga akhir musim.

“Jose Mourinho melakukan pertemuan dengan dengan klub sekitar pukul 14:30 GMT setelah ia diberitahu bahwa masa-masa terakhirnya di Chelsea telah datang,” tulis Roan.

BACA JUGA :  Konsumsi Ini Sebelum Tidur, 3 Minuman Penghancur Lemak Perut

Mourinho baru menandatangani kon­trak baru berdurasi empat musim bersama Chelsea pada Agustus 2015. Manajer beru­sia 52 tahun itu memiliki gaji sebesar 12 juta poundsterling per musim.

“Dia tidak akan mendapat kompensasi sebesar 40 juta poundsterling seperti yang telah dispekulasikan. Pemahaman saya, Mourinho hanya akan menerima sisa dari total gaji tahunannya sebesar 12 juta pound­sterling hingga akhir musim ini,” ujar Roan.

Jika hal ini benar, artinya Mourinho han­ya akan mendapatkan pesangon sekitar 6-7 juta poundsterling, sesuai sisa kontraknya.

Mourinho dipecat manajemen klub se­bagai manajer setelah hanya mampu mem­bawa Chelsea berada di posisi ke-16 hingga pekan ke-16 Premier League. Bahkan The Blues hanya unggul satu poin dari Norwich City yang berada di zona degradasi.

Sejumlah nama dirumorkan akan men­jadi pengganti dia. Beberapa di antaranya adalah Carlo Ancelotti, Guus Hiddink, Juan­de Ramos, dan Brendan Rodgers.(*/Net)

Perkiraan susunan pemain:

Chelsea (4-2-3-1): 13. Thibaut Courtois; 2. Branislav Ivanovic, 5. Kurt Zouma, 24. Gary Cahill, 28. Cesar Azpilicueta; 21. Nemanja Matic, 4. Cesc Fabregas; 8. Oscar, 22. Willian, 17. Pedro Rodriguez; 19. Diego Costa.

Sunderland (4-2-3-1): 1. Costel Pantilimon; 2. Billy Jones, 16. John O’Shea, 15. Younes Kaboul, 3. Patrick van Aanholt; 6. Lee Catter­mole, 21. Yann M’Vila; 20. Ola Toivonen, 41. Duncan Watmore, 9. Fabio Borini; 26. Steven Fletcher. Manajer: Sam Allardyce.

============================================================
============================================================
============================================================