Wajib Tahu! Cara Melancarkan BAB Secara Alami, Bisa Cegah Sembelit Juga

Cara Melancarkan BAB Secara Alami

BOGOR-TODAY.COM – Secara umum, buang air besar sebanyak 3 kali sehari sampai 3 kali seminggu termasuk normal.  Namun, sebenarnya frekuensi BAB berbeda-beda bagi setiap orang. Setiap orang pun memiliki frekuensi BAB yang konsisten.

Terkadang jika BAB tak teratur, membuat kita merasa khawatir lantaran takut ada gangguan pencernaan. Maka dari itu, artikel ini akan membagikan cara melancarkan BAB secara alami untuk bisa kamu terapkan di rumah.

Kamu tak perlu konsumsi obat-obataan lagi, karena dengan menerapkan cara ini, maka bisa mencegah sembelit juga lho, simak di bawah ini.

 Cara Melancarkan BAB Secara Alami

  1. Makan dengan Teratur

BAB akan menjadi lancar jika makanan masuk ke dalam tubuh dengan jangka waktu yang konsisten setiap hari. Misalnya, rutin makan pagi, siang, dan malam di waktu yang sama. Dengan begitu, jadwal BAB juga bisa diprediksi dengan mudah.

  1. Diet Tinggi Serat
BACA JUGA :  Sambut HUT ke-13, Lorin Sentul Hotel Gelar Turnamen Futsal Antar Hotel dan Restoran se-Jabotabek

Konsumsi makanan yang kaya akan serat, baik serat larut maupun serat tidak larut. Misalnya gandum utuh, oat, brown rice, buah-buahan, dan sayuran.

Ketika baru mulai diet tinggi serat, jangan mengonsumsi serat terlalu banyak, sebab justru akan memunculkan risiko sembelit. Sebaiknya, tingkatkan kadar serat dalam makanan sehari-hari sedikit demi sedikit.

  1. Konsumsi Makanan yang Kaya akan Probiotik dan Prebiotik

Probiotik adalah bakteri yang baik untuk kesehatan usus. Makanan yang kaya akan probiotik, antara lain yogurt, kimchi, dan susu kefir.

Sementara, prebiotik adalah serat yang mendorong pertumbuhan bakteri probiotik. Makanan yang kaya akan prebiotik, antara lain bawang putih, bawang bombai, dan pisang.

BACA JUGA :  Rekomendasi 5 Tempat Olahraga Golf Favorit di Bogor, Dijamin Sejuk

Makanan yang kaya akan probiotik dan prebiotik menstimulasi pertumbuhan bakteri baik di usus dan membantu melancarkan BAB.

  1. Minum Air yang Cukup

Air adalah salah satu komponen utama feses. Saat melewati usus, usus secara alami menyerap air dari feses. Jika pergerakan feses di usus tidak lancar, air yang diserap pun banyak sehingga feses menjadi keras. Minum banyak air akan melancarkan pergerakan feses dalam usus.

  1. Olahraga Secara Rutin

Beberapa jenis olahraga bisa menstimulasi otot di daerah sistem pencernaan sehingga membantu memperlancar BAB. Berolahraga juga bisa mencegah sembelit, sebab olahraga bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan makanan untuk melalui usus besar. Karena itu, air yang diserap dari feses pun lebih sedikit.

============================================================
============================================================
============================================================