yayat-supriatna-(5)BOGOR TODAY – Pemkot Bogor meminta pemer­intah pusat memindah­kan rencana pemban­gunan stasiun kereta api ringan atau light rail tran­sit (LRT) dari kawasaa Terminal Baranangsiang, seperti yang diajukan PT Adhi Karya Tbk, selaku kon­t raktor tunggal penggara­pan mega­ proyek kereta ringkas dan cepat itu. Ren­cana pem­bangunan jalur LRT yang akan melintas di atas Tugu Kujang itu dinilai mengganggu este­tika tata kota Bogor.

Ketua Tim Percepatan Pelaksana Prioritas Pem­bangunan (TP4) Kota Bogor, Yayat Supriatna, mengatakan Pemkot Bogor tidak meng­inginkan terjadi pemusatan kendaraan berlebih di seki­tar Baranangsiang. Terlebih kondisi lalu lintas di sekitar Baranangsiang saat ini padat.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 25 April 2024

Selain itu, konsep pem­bangunan jaringan LRT di Kota Bogor yang melintas di Jalan Pajajaran dinilai meng­gangu estetika Tugu Kujang yang sudah menjadi ciri khas kota hujan. “Pemkot Bogor tidak ingin pembangunan LRT mengganggu estetika tata ruang kota. Oleh karena itu kami akan mengusulkan lokasi lain sebagai pengganti Baranangsiang untuk dijadi­kan stasiun LRT di Bogor,” kata Yayat di Balaikota Bogor, Jumat (22/01/2016).

Lokasi lain yang diusul­kan salah satunya berada di wilayah Tanah Baru, Keca­matan Bogor Utara. Hanya saja Pemkot Bogor masih harus membenahi sistem lay­anan transportasi umum un­tuk menunjang stasiun LRT di Tanah Baru. “Kita ingin melakukan redistribusi ang­kutan umum agar tidak hanya terpusat di kota, seperti di Ba­ranangsiang,” kata Yayat.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 24 April 2024

Pembangunan jaringan LRT mengacu pada Perpres Nomor 98 Tahun 2015 ten­tang Percepatan Penyelengga­raan Kereta Api Ringan/LRT. Dalam perpres itu, jaringan LRT di Kota Bogor akan be­rakhir di Stasiun Baranang­siang. “Kami tetap akan men­gusulkan Tanah Baru sebagai rekomendasi kepada pemer­intah pusat,” tandasnya.

(Yuska Apitya)

============================================================
============================================================
============================================================