Untitled-12JAKARTA TODAY — Situs pemeringkat kampus-kampus terbaik di dunia 4 International Colleges & Universities melan­sir data terbaru tentang 400 kampus terbaik yang ada di Indonesia untuk tahun 2016. Dalam situs tersebut, kampus terbaik di tanah air saat ini adalah Institut Teknologi Band­ung (ITB).

Sedangkan, untuk per­ingkat kedua diduduki oleh Universtitas Gadjah Mada, Jogjakarta. Lalu bagaimana dengan kampus tersohor Universitas Indonesia (UI)? Kampus yang berpusat di Depok itu bertengger di pering­kat ketiga.

Sedangkan di rangking se­lanjutnya ada Universitas Sebe­las Maret, Solo. Kemudian per­ingkat ke-5 disusul, Universitas Padjadjaran Bandung.

 Dalam penjelasannya, 4 Interna­tional Colleges & Universities meru­pakan mesin pencari pendidikan tinggi internasional dan universitas terakreditasi di seluruh dunia. Dalam situs tersebut ada 11.606 sekolah tinggi dan universitas yang masuk peringkat kepopuleran dari 200 neg­ara.

Sekolah tinggi atau universitas yang ada dalam direktori adalah yang sudah memenuhi beberapa per­syaratan. Di antaranya, secara resmi, berlisensi atau diakreditasi oleh badan nasional atau regional seperti kementerian pendidikan diakui or­ganisasi akreditasi pendidikan tinggi.

BACA JUGA :  Nasi Goreng Cumi dan Telur, Masakan Simple yang Menggugah Selera Keluarga

Universitas itu juga secara resmi berhak untuk memberikan empat tahun gelar sarjana dan derajat pas­casarjana. 4 International Colleges & Universities menempatkan IPB di posisi 12.

Bangun Kampus di Cirebon dan Bekasi

Kemajuan ITB juga diakui Pem­prov Jawa Barat. Rencananya, tahun ini, Pemprov Jawa Barat akan mem­bangun kampus ITB di luar domisili, Kota Bandung. Kampus ITB akan dibangun di dua kota, di Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Ini merupakan kerja sama soal pengembangan ITB, tahun ini akan ada ITB di luar Bandung, yakni satu di Cirebon dan Bekasi,” ujar Guber­nur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Menurut Aher, pembangunan ITB di luar domisili merupakan upa­ya perluasan bagi anak-anak terbaik Jabar agar mereka bisa masuk ke perguruan tinggi negeri terbaik. Kon­tribusi Pemprov Jawa Barat dalam pembangunan Kampus ITB di luar domisili adalah pemberian lahan atau tanah untuk bangunannya.

BACA JUGA :  Cara Membuat Kentang Mustofa yang Sangat Lezat Anti Gagal

Di Cirebon, kata dia, lahan yang disediakan sekitar 20 hektare. Sedan­gkan, di Kabupaten Bekasi lahannya sekitar 40 hekatre. “Fisiknya (ban­gunan) itu urusan ITB nanti berkoor­dinasi dengan Kemenristek Dikti,” katanya.

Aher mengatakan, sebelum­nya Pemprov Jawa Barat juga telah memberikan bantuan berupa lahan untuk pembangunan Kampus ITB di kawasan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, seluas 44 hektare. Selain bekerja sama dengan ITB, Pemprov Jawa Barat juga melakukan kerja sama perguruan tinggi negeri lain­nya yakni dengan Universitas Padj­adjaran (Unpad) untuk membangun kampus di luar domisilinya. “Mung­kin nanti menjadi Unpad Maritim. Mudah-mudahan tahun 2017 Unpad di luar domisili bisa direalisasikan,” tandasnya.

(Yuska Apitya Aji)

Berikut Ranking Universitas 2016:

Institut Teknologi Bandung

Universitas Gadjah Mada

Universitas Indonesia

Universitas Sebelas Maret

Universitas Padjadjaran

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Diponegoro

Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Brawijaya

============================================================
============================================================
============================================================