AROMA harum menukik hid­ung yang di timbulkan dari ra­tusan buah durian khas Bogor yang disusun rapih terjejer di kios gubug milik Lili, pria muda yang sudah tahunan menjual du­rian di Kampung Pasir Maung, Desa Cimahpar, Kabupaten Bo­gor (samping Cluster Pine For­est Sentul City) dikenal punya produk durian unggul bernama durian matahari. Durian ini pu­nya ciri khas daerah Bogor dan rasa yang manis.

Selain rasa yang manis, ciri lain dari durian matahari adalah aroma tidak terlalu tajam serta dalam satu buah durian mataha­ri ada 10-20 pongge, yaitu rong­ga-rongga tempat daging buah berada dengan ciri khas buah berwarna hijau kekuningan.

Bentuk buahnya bulat pan­jang dan punya karakter mu­dah dibelah. Sedangkan bobot perbijinya anatra 2-3,5 kg. Ke­mudian warna daging buahnya kuning cerah dan berdaging tebal. Durian yang merupakan varietas unggul asli Indonesia ini juga memiliki daging buah yang bertekstur halus, dan berlemak.

BACA JUGA :  DARI PREMAN TERMINAL, SEKDES HINGGA ANGGOTA DPRD PROVINSI JABAR

Tinggi pohonnya menca­pai 20 meter dan pada usia 20 tahun tiap pohonnya mampu menghasilkan 50-200 buah. Se­lain itu, jika tingginya mencapai satu meter percabangannya mu­lai rapat. Duri buahnya terma­suk jarang dengan bentuk runc­ing dan bengkok.

Seakan tak habis dimakan jaman, buah durian yang jadi buah ciri khas negara Indone­sia ini selalu diserbu pemburu­nya. Ratusan buah durian habis dijual oleh Lili kepada setiap pelanggan dan orang yang tidak sengaja melintas di sekitar sana.

BACA JUGA :  Kemenangan Timnas Indonesia jadi Modal Penentu Kontra Jordania

Ketika ditemui, Lili mengaku dirinya mampu menjual 200 – 300 setiap harinya. Durian matahari mi­liknya ini juga tidak kalah dengan durian asal daerah lain seperti du­rian Medan dan montong.

“Dalam setahun ada dua musim panen durian, sejak September ini musim kedua panen buah durian. Biasanya saya mematok harga mu­lai daro 50 – 100 ribu per buahnya, dalam sehari ada sekitar 200 – 300 buah yang terjual. Kebanyakan mereka puas dengan duren ma­tahari ini, rasanya berbeda dengan durian lainnya, yang ini enak, bikin nagih dan tidak terlalu banyak gas,” urainya kepada BOGOR TODAY.

(Latifa Fitria)

============================================================
============================================================
============================================================