pasar-condoJAKARTA, TODAY — Jabode­tabek saat ini dapat dikatakan sebagai pusat pertumbuhan di Pulau Jawa. Pasalnya, hal itu didorong dengan adanya pembangunan infrastruktur seperti jalan tol.

Pembangunan tersebut jelas meningkatkan daya ak­sesibilitas terhadap properti-properti yang memiliki jarak terbilang dekat dengan jalur tol. Dengan kemudahan pencapaian ke berbagai lokasi membuat pengembangan properti komersil di area sepanjang jalur tol men­jadi hal yang menarik.

Konsultan properti Coldwell Banker Commercial Indonesia dalam laporannya mencatat, dari berbagai macam prop­erti komersil, apartemen masih menjadi properti komersil yang paling terpengaruh terhadap berkembangnya jalan tol.

Pembangunan infrastruk­tur jalan tol diperkirakan dapat mendorong pertumbuhan sek­tor apartemen hingga mencapai 30 sampai 40 persen tiap tahun.

Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan pertum­buhan properti komersil lain­nya seperti ruang ritel, yang hanya tumbuh berkisar 5 sam­pai 10 persen, itu pun diyakini tidak akan berdampak secara langsung.

Sebagaimana diketahui, perkembangan jalan tol di Jabodeta­bek masih terus berlanjut seper­ti jalan tol JORR 2, tol Becakayu, jalan tol Desari, jalan tol layang dalam kota. selain itu, juga ter­dapat pengembangan transpor­tasi umum lainnya seperti MRT< LRT, jalur Trans Jakarta, dan penambahan Commuter Line.

(okezone)