KTRBOGOR TODAY– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menggelar pelatihan terhadap Tim Penegak Kawasan Tanpa Rokok (KTR) tingkat ke­camatan dan ke­lurahan se-Kota Bogor di IPB Science Park, kemarin. Pelatihan ini di­gelar dalam rangka mengingatkan kem­bali fungsi dari Perda KTR yang sudah menginjak tahun ke-7.

Kabid Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat (PKM) Dinkes Kota Bogor, Ratna Yunita mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan dua hari hingga besok (18/2/2016) yang diisi dengan teori dan praktik. Pelatihan mengundang 75 Kasi­trantib dari kecamatan dan kelurahan. Nantinya, 75 orang ini menjalankan tupoksi berupa mengingatkan tentang 8 titik KTR yang sering kali dilupakan, “Kami ingin melihat sejauh mana tingkat kepatuhannya,” ujar Ratna, kemarin.

BACA JUGA :  Dijamin Nambah Napsu Makan, Ini Dia Resep Sambal Cumi Asin dan Petai yang Lezat dan Sedap

Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes Kota Bogor, Nia Nur­kania mengatakan, sejak 2013 tingkat kepatuhan di Kota Bogor terhadap KTR masih fluktutif. Memang mengalami peningkatan walau hanya 0,1 persen saja. Hal itu karena masih kurangnya kesadaran dari diri sendiri. Padahal Dinkes sudah memberikan sosialisasi dan membuka wawasan tentang rokok. “Maka dari itu sekarang kami akan ber­dayakan mulai dari kelurahan dan keca­matan. Biar jadi contoh bagi masyara­kat,” papar Nia.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia Manfaat Okra untuk Diet Turunkan BB

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat melihat penegakan KTR masih belum sepenuh­nya terlaksana dengan baik padahal Per­aturan Daerah (Perda) yang dimiliki Kota Bogor sudah sangat bagus dan diikuti oleh daerah lain. Sehingga harus ada ke­seriusan dan komitmen mengubah pola hidup ini. “Jangan sampai hanya ceremo­ni saya. Nanti kedepan akan dipikirkan untuk memberi reward dan punishment­nya,” pungkas Ade.

(Yuska Apitya/*)

Ade Sarip Hidayat

============================================================
============================================================
============================================================