CIBINONG, TODAY – Perilaku unik satwa ditemukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) saat gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian di beberapa wilayah Indonesia.

LIPI mengamati perilaku satwa di penangkaran Cibinong Science Center (CSC) Bogor, Kebun Raya Bogor, Palu dan Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah.

Kepala Pusat Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, Hari Sutrisno menjelaska, dari hasil laporan dan pengamatan di beberapa lokasi, ada hal-hal me­narik yang ditunjukkan satwa.

Kejadian di KRB dan Palu, kalong yang diamati misalnya, pagi hari sebelum gerhana, kalong berisik bergelayut di po­hon. Pada saat matahari mulai tertutup, kalong tersebut diam dan tidak beraktivitas.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat ODGJ Pria di Halaman Masjid Caringin

“Perilaku babi juga unik, makan dan ketika sinar ma­tahari mulai tertutup, babi berhenti makan, berbaring ti­dur beberapa saat terus makan lagi setelah matahari kembali bersinar,” katanya di Pusat Zo­ologi LIPI di CSC, Bogor, Rabu (9/3/2016).

Satwa lain yang diteliti se­rangga, seperti tonggeret dan kumbang kotoran. Hari menjelaskan, tonggeret ketika matahari meredup berbunyi riuh rendah dan berpikir bahwa kondisi itu adalah malam hari.

BACA JUGA :  4 Bahan Sederhana Bisa Bikin Cemilan Enak, Ini Dia Cara Membuat Jasuke di Rumah

“Kumbang kotoran pagi hari aktif mendorong-dorong kotoran, begitu matahari tertu­tup, buru-buru mencari tempat berlubang dikira siang telah be­rakhir. Begitu matahari mun­cul, aktif lagi,” katanya.

Pengamatan mengunakan kamera tersembunyi dan vid­eo, tidak mengganggu sensiti­fitas satwa tersebut. Sementa­ra laporan yang diterima Hari melalui komunikasi lewat ponsel dari peneliti di Taman Nasional Lore Lindu memper­lihatkan, burung Maleo betina dan anakan ketika GMT diam dan sebelumnya gelisah mon­dar-mandir.

Sedangkan Maleo jantan saat GMT terbang ke atas po­hon tempat tidurnya, mengira gelap dan waktu beristirahat.

(Rishad Noviansyah)

============================================================
============================================================
============================================================