Untitled-2BOGOR, Today – Sedikitnya 22 sekolah di Kabupaten Bogor melak­sanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016. Jumlah ini mengalami peningkatan dari hanya empat sekolah pada 2015 baik SMA, SMK maupun MA. Kendati demiki­an Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor (Sekda), Adang Suptandar mengingatkan Dinas Pendidikan untuk memperhatikan 17 anak yang harus mengikuti ujian paket C di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Pondok Rajeg.

“Hak siswa atau anak yang sedang menjalani hukuman ha­rus tetap diperhatikan dan harus ditetap menerima fasilitas yang sama meski masih ujian manual,” tegas Adang.

Di hari pertama UNBK, Adang didampingi Dinas Pendidikan serta Camat Cibinong, Bambang Tawekal meninjau tiga sekolah, yakni SMK Insan Kreatif, SMK PGRI 2 Cibinong dan SMAN 1 Cibinong.

BACA JUGA :  Dedie Rachim Apresiasi Renovasi MCK SDN Semeru 6 Kota Bogor

Ia berharap, jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK di Bumi Tegar Beriman terus meningkat dan pelaksanaan semakin baik dari tahun ke tahun. “Tahun lalu cuma empat dan tahun ini 22 sekolah bisa menggelar UNBK. Persiapan pun harus terus ditingkatkan. Tapi sejauh ini semua masih berjalan lancar. Soal kesiapan listrik, ada beberapa sekolah yang mengan­tisipasinya dengan meyiapkan genset,” kata Adang di sela kunjun­gannya di SMAN 1 Cibinong, Senin (4/4/2016).

Kepala UPT Pendidikan wilayah Cibinong Aas mengatakan, dari empat sekolah setingkat SMU yang menggelar UNBK, hanya satu siswa yang absen. “Siswa yang tidak mengikuti ujian nasional berba­sis komputer itu merupakan anak didik SMK Bakti Insan Kreatif. Ia meninggal dunia dua hari sebelum ujian karena kecelakaan motor di Cilodong, Depok,” tukas Aas.

BACA JUGA :  SBR 'Manifesting The Future', Pamerkan Karya Seni Siswa Penuh Filosofi

Sementara itu, Kepala SMK In­san Kreatif Tubagus Nizomi pun membenarkan ada satu orang siswa yang tidak mengikuti ujian karena meninggal dunia. “Seharus­nya 444 siswa mengikuti UNBK, namun karena satu orang siswa meninggal dunia, jumlahnya men­jadi 443 siswa,” jelasnya.

Rishad Noviansyah

============================================================
============================================================
============================================================