Untitled-6Bagi Anda pecinta susu sapi murni, tak ada salahnya mencoba aneka makanan di Kedai Waliwis 2. Walau kedai ini terbilang baru dan belum terdengar familiar di telinga warga Kota Bogor, namun hampir setiap hari kedai ini tak pernah sepi pengunjung. Ada saja para pecinta susu sapi yang mampir untuk sekedar menikmati minuman maupun makanan yang tak lepas dari susu murni ini.

Winda Herviana
([email protected])

Berawal dari latar pendidikan salah satu pendiri Kedai Waliwis 2 yang mengenyam sekolah ke­juruan masak di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (Enhaii) dan sempat mengenyam pendidikan serupa di Istanbul, Turki, Gatra Sukarya Putra, ber­sama sang paman Yusep Hidayat pada awalnya memiliki rencana untuk mem­buka usaha warung tenda.

Namun seiring dengan berjalan­nya waktu, ternyata rencana terse­but justru disambut baik oleh salah satu rekan bernama Satrio yang merupakan peternak sapi sekaligus dokter hewan, sehingga membuat usaha ini semakin berkembang dan memiliki ciri khas tersendiri.

Terhitung baru sepekan kedai ini dibuka, bisnis kuliner ini selalu di­hampiri oleh pengunjung. Banjirnya pengunjung pada pekan pertama ini bisa jadi dikarenakan lokasi kedai tersebut yang terletak berdekatan den­gan sekolah SMAN 6 Bogor atau belakang SMPN 12 Bogor, tepatnya di Jalan Waliwis Nomor 2, Tanah Sareal, Kota Bogor.

Disinggung perihal modal awal membuka ke­dai ini, Gatra memaparkan, modal usaha yang dikelola bersama ini mencapai hingga Rp 70 juta. Dengan modal awal yang tidak sedikit ini, Gatra berharap kedainya tetap menjadi favorit bagi pelanggan khususnya para remaja dan pelajar.

Kedai Waliwis 2 menawarkan beberapa menu pilihan yang menarik. Kisaran harga pun sangat terbilang murah, dimulai dari Rp 2 ribu hingga Rp 20 ribu. Menu unggulan yang tersaji pun bera­gam, seperti noodle with milky sauce (Rp 10 ribu), puding yoghurt (Rp 8 ribu). Soto ayam kampung pun tersedia, namun yang menjadi menariknya, santan pada soto tersebut diganti dengan susu sapi dengan harga Rp 10 ribu saja. Kedai Waliwis 2 pun menjual makanan berat seperti nasi plus ayam pejantan yang juga hanya Rp 10 ribu. Tidak hanya itu, minuman segar yang tersedia pun me­miliki variant rasa yang terasa lezat, seperti hot milk, milk shake dan mix yoghurt dengan harga Rp 5 ribu hingga Rp 12 ribu.

“Minumannya sangat segar, karena memang semuanya berbahan dasar susu sapi murni yang langsung dari perternakan milik salah satu own­er. Selain itu, menggunakan buah asli tanpa es­sence, tanpa pengawet, tanpa pewarna dan tanpa es batu,” ujar pria kelahiran Bogor, 2 Mei 1992 ini.

Gatra menambahkan, tidak digunakannya es batu pada minuman ini dikarenakan untuk menjaga kualitas dan kestabilan rasanya. Perihal makanan dan minuman yang paling diminati oleh pengunjung, Gatra memaparkan ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi recom­mended pada kedai ini.

“Semuanya enak, namun yang mungkin pal­ing laris mungkin hot plain rasa capucino, milk­shake thai tea, mix yoghurt rasa anggur, noodle milky with sauce dan soto ayam,” paparnya.

Untuk keuntungan yang diraup oleh kedai ini setiap harinya bisa mencapai sekitar Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah. Kedai Waliwis 2 ini buka mulai dari pukul 10.00 – 22.00 WIB. Kedepannya, para pendiri kedai tersebut akan melakukan tero­bosan menu-menu andalan lainnya.

“Mungkin gebrakan kami selanjutnya akan menambah menu pasta yang tetap dicampur dengan susu. Yang jelas kami akan terus melaku­kan inovasi menu, yang tetap menjaga healthy foodnya agar terus dicibtau oleh pelanggan, khususnya para pecinta susu,” ujar Gatra sambil tersenyum. (*)

============================================================
============================================================
============================================================