290755_354392247973754_1514232226_oOleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

JAKARTA, TODAY-Anggota Komite Eksekutif PSSI, Toni Apr­ilani, menyatakan ada sejumlah kriteria untuk menjadi pelatih timnas Indonesia. Dia membo­corkan salah satu kandidat pelatih tersebut adalah Jacksen F. Tiago.

PSSI, melalui komite teknik timnas, saat ini sedang menggodok nama-nama calon pelatih timnas. Rencananya, PSSI akan mengu­mumkan kandidat pelatih timnas pada Senin (23/5) mendatang.

Toni menjelaskan, beberapa syarat melatih timnas yaitu men­getahui tentang sepakbola Indo­nesia, tidak terikat kontrak den­gan pihak manapun, dan bisa pelatih asing atau lokal.

Dari kriteria tersebut, Toni merujuk salah satu nama yaitu Jacksen F. Tiago. Menurutnya pelatih asal Brasil ini masuk dalam radar karena sudah ber­pengalaman dengan sepakbola Indonesia dan pernah juga men­jadi pelatih timnas.

“Salah satunya Jacksen, dia pernah melatih di sini, di Persi­pura dan pernah menangani tim­nas,” ujar Toni. “Tapi untuk yang lainnya, nanti diketahui setelah rapat Exco (Komite Eksekutif, red) 23 Mei. Kami juga akan men­gumumkan pelatih timnas dan pelatih-pelatih kelompok umur.”

BACA JUGA :  Ini Daftar Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Lawan Irak dan Filipina

Jacksen saat ini sedang men­ganggur. Dia sudah tidak melatih klub Malaysia, Penang FA, setelah diberhentikan pada April lalu. Se­mentara, terakhir kali dia melatih timnas adalah pada 2013 lalu.

Pada level klub, Jacksen suk­ses membawa Persipura Jayapura juara ISL sebanyak tiga kali. Dia juga dikenal sangat dekat dalam memotivasi para pemainnya.

lepasnya sanksi FIFA terha­dap Indonesia, membuat sepak­bola di Tanah Air kembali meng­geliat. Timnas Merah Putih pun bisa lagi berlaga di ajang interna­sional setelah absen selama satu tahun akibat terkena suspensi.

Agenda terdekat Timnas In­donesia adalah mengikuti Piala AFF yang rencananya bergulir pada akhir tahun ini. Namun, hingga kini PSSI belum memu­tuskan siapa yang sosok yang co­cok menjadi pelatih timnas.

Mengetahui hal tersebut legenda Juventus, Ciro Ferrara mengaku siap bila mendapatkan tawaran untuk membesut Tim­nas Indonesia. Pasalnya, ia in­gin kembali melatih tim, namun status pria berusia 49 tahun itu sedang menganggur usai dipecat Sampdoria.

BACA JUGA :  Ganda Putri Indonesia, Ana/Tiwi Wakil Satu-satunya di Final Thailand Open 2024

“Bila Indonesia serius mem­berikan tawaran ke saya sebagai pelatih, tentu saya bisa mem­pertimbangkannya,” ucap Fer­rara di Hotel JW Marriot, Jumat (20/5).

Saat ini Ferrara sedang bera­da di Indonesia. Ia datang ke sini untuk mengikuti pertandingan bersama Calcio Legends mela­wan Primavera Baretti, di Sta­dion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Sabtu (21/5).

Butuh 15 Pemain Lawan

Calcio Legend

Stadion Gelora Bung Karno akan kembali ramai pada Sabtu (21/5) esok, manakala deretan legenda Liga Serie A Italia yang tergabung dalam tim Cal­cio Legend akan menant­ang Primavera Baretti.

Danurwindo yang me­nukangi tim Primavera tak menampik kuali­tas dari Calcio Legend yang dihuni pemain sekaliber Edgar Davids, David Trezeguet, Mas­simo Ambrosini hingga Fabio C a n n a v a r o akan sangat mere p o t ­kan.

“ M e ­mang Calcio Legend ini dihuni pemain kelas dunia, mungkin kami butuh 15 pemain di lapangan un­tuk melawan mereka,” ung­kap Danur pada sesi jumpa pers, Jumat (20/5). (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================