Ini dapat dilihat dari ketersedi­aan beras saat ini di PIBC sesuai den­gan pasokan normal yakni 25 truk beras yang masuk setiap hari dengan harga termurah Rp 7.800/kg.

“Perlu diketahui, dinamika Pasar Induk Beras Cipinang pada saat 10 hari sebelum dan sesudah Lebaran sedikit pedagang yang jual beras. Ini bukan berarti beras langka, tapi ped­agang sebagian beras mudik. Untuk pedagang yang tidak mudik, pihak pasar induk memberikan bantuan berupa buffer stok,” terang Nelly.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Bawang Merah Pasar Kramat Jati, Hasan Kudri mengungkapkan, ket­ersediaan bawang merah pada bulan Juni dan Juli aman tercukupi bahkan surplus.

BACA JUGA :  Gunung Semeru Semburkan Kolom Abu Setinggi 600 Meter, 4 Kali Erupsi Hari Ini

Ini dibuktikan dengan pasokan bawang merah yang masuk Jakarta sebanyak 280 ton hingga 300 ton per hari sedangkan kebutuhannya hanya 240 ton hingga 280 ton per hari. “Banyaknya pasokan ini karena bertepatan dengan musim panen raya,” ungkap Hasan.

Menurutnya, harga bawang merah saat ini sudah turun jika dibanding 2 minggu lalu. Harga bawang merah di tingkat bandar Rp 14.000-20.000/kg dan di tingkat eceran untuk bawang merah kecil Rp 20.000/kg dan bawang merah besar Rp 25.000/kg. Sedangkan har­ga bawang merah pada 2 minggu lalu mencapai Rp 40.000-45.000/kg.

BACA JUGA :  Tawuran Remaja di Bandarlampung Tewaskan 1 Orang, 2 Orang Ditetapkan Tersangka

Sementara di Bogor, harga bawa­ng merah masih relatif liar yakni dipatok antara Rp30 ribu hingga Rp 40 ribu. Bahkan, tak sedikit peda­gang yang mengalami kebuntuan stok. “Ya, kadang kalau lagi melim­pah, dateng banyak. Kami sih minta stok stabil. Dengan begitu, harga bawang bisa stabil. Kalau sekrang, saya masih jual Rp 35 ribu per kilo. Dari sononya aja udah kagak nahan harganya,” kata Samsul(40), peda­gang bawang merah di Pasar Jambu Dua, kemarin. (Yuska Apitya Aji)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================