Sementara itu, ketua tim promo­tor penganugerahan gelar doktor ho­noris causa Universitas Padjadjaran, Obsatar Sinaga, mengatakan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri memang layak mendapat gelar itu. Musababnya, kata dia, pencapaian Megawati dalam memajukan pemer­intahan serta kiprahnya di belantika politik dalam negeri dan luar negeri dinilai cukup mumpuni.

“Biasanya, keluarga seorang pe­mimpin itu di sini senang di sana senang, tapi Megawati yang anak presiden bisa menjadi presiden. Malah dia menentu­kan siapa yang akan menjadi presiden. Barangkali Megawati bukan presiden terbaik di dunia, tapi kami bisa pastikan Megawati adalah presiden perempuan terbaik di negeri ini,” ujar Obsatar di kampus Unpad, Bandung, kemarin.

Megawati berhasil menerima gelar doktor honoris causa di bidang ilmu politik dan pemerintahan dari Unpad berkat kiprahnya dalam mema­jukan konstelasi politik dan pemerin­tahan di Tanah Air. Pengukuhan gelar itu dilaksanakan di Graha Sanusi Hard­jadinata, Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Rabu, 25 Mei 2016.

BACA JUGA :  Paling Dicari Tarvel, Ini Dia 8 Makanan Khas Maluku yang Terkenal

Ketua Umum Partai Demokrasi Indo­nesia Perjuangan itu memaparkan orasi ilmiah di depan hadapan ratusan tamu undangan, di antaranya jajaran menteri Kabinet Kerja pemerintah Presiden Joko Widodo, yang juga kader PDIP. Turut hadir dalam acara tersebut, menteri era Presiden Megawati periode 2001-2004.

Dalam orasinya, Megawati, antara lain, menuturkan pentingnya kesada­ran warga negara Indonesia untuk ti­dak melupakan percikan sejarah yang dicatatkan pendahulu kita, pendiri bangsa. “Bagi saya, sejarah adalah harta karun yang sangat berharga,” katanya. Penggalian kebenaran se­jarah bangsa ini, ucap dia, menjadi tanggung jawab dan pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan rakyat.

BACA JUGA :  Monyet Ekor Panjang Turun ke Permukiman Warga dari Puncak Gunung Merapi

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla men­ganggap gelar doktor honoris causa itu sangat pantas dianugerahkan kepada Megawati, yang merupakan Presiden RI kelima dan Ketua Umum Partai De­mokrasi Indonesia Perjuangan itu.

“Penghargaan hari ini sangat-sangat pantas dianugerahkan kepada Mega­wati. Bangsa mengucapkan terima kasih kepada Ibu,” kata Kalla dalam pidato acara penganugerahan gelar tersebut di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipatiukur. “Bagi generasi muda dan kita semua yang hadir di sini, tentu ini menjadi pelajaran berharga. Ujian yang dilalui Ibu Mega patut kita pelajari dan berbuat lebih baik lagi untuk masa men­datang.” (Yuska Apitya Aji)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================