2341521shutterstock-1030115875780x390 SURVEY penjualan perumahan di kawasan Jabodebek dan Banten yang dilakukan Indonesia Property Watch (IPW) pada kuartal I/2 016 lalu memaparkan hanya wilayah Bogor wilayah satu-satunya yang mengalami kenaikan, yakni sebesar 11,8 persen, khususnya di segmen menengah yang naik mencapai 70,3 persen.

Oleh : Winda Herviana
[email protected]

Sampai saat ini perkembangan prop­erti di Bogor memang tidak semasif kawasan penyangga lainnya, seperti Serpong atau Bekasi. Hal itu karena akses transportasi dan infrastrukturnya yang masih terus dibenahi.

Tapi, kawasan Bogor masih punya potensi besar dengan ren­cana jaringan jalan Bogor Outer Ring Road (BORR), Bogor Inner Ring Road (BIRR), jalan Poros Tengah Timur (jalur Puncak Dua), dan tol Bogor-Ciawi-Suka­bumi (Bocimi).

Dari rencana tiga seksi taha­pan pembangunan BORR, dua diantaranya telah rampung. Be­gitu juga dengan pembangunan infrastruktur kereta ringan (light rail transit/LRT) yang akan sam­pai ke Bogor.

“Nantinya, begitu akses tol sudah dibuka dan pembangunan LRT sudah jadi, sektor properti di kawasan Bogor akan semakin meroket. Potensi Bogor untuk menyusul kawasan lain akan terus meningkat setiap tahunnya. Akan ada momentum itu,” ujar Keith Steven Muljadi, Presiden Direktur PT Sentul City Tbk.

Saat ini pesatnya pertum­buhan Bogor didominasi oleh berkembangnya kawasan-ka­wasan perumahan. Hal itu tak lain akibat posisinya yang relatif lebih dekat dengan Jakarta.

Kedudukan strategis itulah yang dimanfaatkan PT Sentul City Tbk dengan terus mengembang­kan Sentul City. perumahan skala kota (township) tersebut diban­gun di lahan seluas 3.100 hektar.

“Saat ini kami terus mendo­rong pengembangan kawasan di selatan Jakarta, karena belum banyak digarap, yakni kawasan Sentul ini,” ujar Steven.

Selain terus membangun res­idensial, lanjut Steven, pihaknya tengah mengembangkan super­blok Centerra seluas 8.8 hektar. Proyek dengan investasi sebesar Rp3 triliun itu dibangun seluas 30 hektar di kawasan central business district (CBD) pertama di Sentul City.

Di dalam superblok itu juga sedang dibangun pusat perbelan­jaan AEON Mall seluas 450.000 m2 yang direncanakan beropera­si pada 2018. Selain itu juga akan dibangun 4 tower apartemen (Saf­fron Residential), perkantoran, dan hotel bintang 5 berkapasitas 400 kamar.

============================================================
============================================================
============================================================