IMG_20160526_155630Segarnya Rintis Usaha Sendiri

BOGOR, TODAY – Se­j a k tahun 2010, Supriyatna atau yang akrab disapa Kang Yana menjual Ice Cream Durian Royale di ja­jaran kawasan Jalan Raya Taman Yasmin, Bogor. Identik dengan gerobak berwarna kuning, ice cream ini tentunya cukup mudah dijumpai.

Setelah puluhan tahun menjadi pegawai di salah satu restoran Bogor, akhirnya kang Yana memutuskan berhenti dan memulai usaha sendiri.

Pada awalnya, usaha yang dirintisnya tak langsung berjalan mulus. Kang Yana pernah merasakan dagangannya tak laris hingga satu bulan.

“Dulunya saya berjualan di darah Binawarga. Bayangkan, saya awalnya hampir sebulan pernah tidak mendapatkan pelanggan sama sekali. Akhirnya saya memutuskan pindah tempat, Alhamdulillah lama-lama banyak yang membeli,” terangnya, Kamis (26/5/2016)

Sejak dirinya memutuskan untuk membuka usaha, dirinya rela mengumpulkan modal hingga mencapai Rp 25 juta. “Saya mengumpulkan modal, sempat jual motor juga. Intinya saya ikhtiar untuk membuka usaha ini,” jelasnya.

Nama royale diakui Kang Yana, diambil dari kata roy­al. “Jadi awal mulanya adalah karena saya tidak ingin pelit kepada pelanggan, dalam artian harganya memang tak seberapa tapi sajian duriannya banyak,” ung­kapnya.

Karena musim durian yang jarang, mem­b u a t Kang Yana mencari ide agar usahanya ini tetap jalan meskipun sedang tak musim durian. “Jika sedang musim durian, saja jual 2 scoop durian asli dan 2 scoop ice cream durian dengan harga Rp 12 ribu untuk ukuran besar. Tapi jika se­dang tidak musim, saya menjual 4 scoop ice cream durian dengan ukuran besar Rp 8 ribu atau ukuran kecil Rp 5 ribu,” jelasnya.

Ice cream duriannya ini terlihat semakin segar dengan taburan meses dan kacang. Dalam sehari, Kang Yana menargetkan untuk bisa menjual habis 4 tabung ice creamnya.

“Untuk sehari-hari biasanya terjual 2 hingga 3 tabung, atau biasanya dapat menjual lebih 150 gelas dengan ukuran­nya yang beragam, ya per hari jika sedang laris manis bisa menjapai Rp 1,2 jutaan,” terang Kang Yana.

Ice Cream Durian Royale berjualan setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Lain halnya jika bu­lan puasa, ice cream ini mulai buka pukul 14.00 WIB hingga 21.00 WIB. “Saya berharap pen­jualannya selalu laris, sehingga bisa membuka tempat yang lebih luas dan nyaman,” ujarnya sambil tersenyum

(Winda Herviana)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================