image37.img.2048.mediumMONTE CARLO– Pebalap Mer­cedes AMG Petronas, Lewis Hamilton meraih kemenangan perdanya musim ini di Sirkuit Monte Carlo, Monaco, Min­ggu (29/5/2016) malam WIB. Sementara pebalap Man­or Racing asal Indonesia, Rio Haryanto menyen­tuh garis finis di posisi ke-15.

Balapan jalan raya di GP Mo­naco dimulai d e n g a n trek ba­s a h karena guyuran hujan. Start pun harus dilakoni di belakang safe­ty car dan setelah melahap 78 putaran, Hamilton menjadi yang pertama menyentuh garis finis dengan catatan waktu satu jam 59 menit 29,133 detik.

Driver Red Bull, Daniel Ric­ciardo, ada di posisi kedua den­gan catatan 7,252 detik lebih lambat. Pebalap Force India, Sergio Perez melengkapi podium dengan catatan 13,825 detik lebih lambat dari Hamilton. Berturut-turut ada di posisi empat dan lima ada Sebastian Vettel dan Fer­nando Alonso.

Rio, kendati mencapai finis terbaiknya, sesungguhnya men­jadi pebalap terakhir yang me­nyentuh garis finis, karena tujuh pebalap lain tak mampu meny­elesaikan lomba.

Bagi Hamilton, ini merupakan kemenangan pertama di musim balap 2016. Dia kini menempati posisi dua klasemen pebalap dengan raihan angka sebanyak 82 poin. Pebalap Mercedes lainnya, Nico Rosberg, yang menjadi pe­muncak klasemen pebalap den­gan catatan 106 poin.

Seusai balapan, Hamilton pun mengaku amat senang den­gan jalannya balapan melawan Ricciardo. Dia pun mengaku tak sabar untuk segera beradu cepat dengan pebalap asal Aus­tralia itu. “Terima kasih, Tuhan. Hari ini berjalan seperti yang saya harapkan –dan terima ka­sih untuk seluruh tim atas mobil yang bisa terus melaju sampai akhir balapan,” kata Hamilton di Crash.