d4400_2016-Toyota-Fortuner-front-quarter-at-2015-Thailand-Motor-Expo-1024x576Mobil Sport utility Vehicle (SUV) Toyota Fortuner yang baru diproduksi sejak bulan Januari 2016 diekspor sebanyak 6.000 unit ke luar negeri. Fortuner pun menjadi mobil yang paling banyak diekspor Toyota Indonesia sepanjang bulan April.

Oleh : Calviano Nathanael
[email protected]

Respons konsumen mancanega­ra maupun dalam negeri sangat positif terhadap Fortuner gen­erasi baru ini sehingga memicu kami untuk semakin kompetitif dan berdaya saing tinggi. Semoga upaya kami yang dibarengi dengan mem­bangun kerjasama yang baik dengan industri otomotif hilir hingga hulu da­pat mendukung posisi Indonesia seba­gai basis produksi dan ekspor di Asia- Pasifik,” tutur Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, di Ja­karta, Kamis (26/5/2016).

Fortuner diproduksi di pabrik Toy­ota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang I. Filipina menjadi negara importir Fortuner terbesar di tahun 2016 ini. Tercatat 74% volume ekspor Fortuner ditujukan untuk kon­sumen di negara tersebut. Selebihnya dikirimkan ke negara-negara di ka­wasan Timur Tengah, Amerika Latin dan Karibia.

Secara keseluruhan volume ekspor kendaraan bermerek Toyota di bulan April adalah sebanyak 16.900 unit. An­gka ini naik 6% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu dengan vol­ume berjumlah 15.900 unit.