maxresdefaultPALEMBANG, TODAY-In­donesia tampil sebagai juara umum Asian Schools Swim­ming Championship 2016 di Jakabaring Aquatic Center, Palembang, Sumatera Selatan.

Sampai hari terakhir, Min­ggu (29/5) malam, kontingen tuan rumah berhasil mengumpulkan 16 medali emas, 10 perak dan 9 perunggu. Hong Kong menduduki peringkat kedua, sedangkan Thai­land menempati posisi ketiga.

Tambahan medali emas In­donesia di hari terakhir diperoleh dari nomor 50 meter gaya pung­gung putri atas nama Sofie Kema­la. Di nomor ini medali perunggu juga disumbangkan perenang Indonesia, AA Istri Kania Ratih — perak direbut atlet Hong Kong.

Sementara itu perenang muda andalan Indonesia, Il­ham Ahmad Tarmuzi, mampu membuktikan ketangguhannya di nomor 100 meter gaya dada putra dengan berhasil mem­persembahkan emas kedua untuk Indonesia. Ilham yang mengalami keterbatasan (tuna rungu) menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 03.86 detik.

Medali perak di nomor ini di­raih perenang Hongkong Wong Ho Kiu, dengan waktu 1 menit 04.64 detik. Sedangkan per­unggu diraih perenang Indone­sia lainnya, Muhammad Fahri.