f1-ferrari-tests-halo-design-1MONTE CARLO- Penyelenggara Formula 1 (F1) terus dituntut me­ningkatkan standar keamanan bagi para pebalap. Kali ini, petinggi balap mobil paling bergengsi di dunia itu tengah membahas soal penggunaan pelindung kokpit.

Pembahasan masih berkutat di antara peng­gunaan perangkat ‘Halo’ atau Aeroscreen yang se­dang diuji oleh Tim Red Bull Racing. Meski be­gitu, Raxe Director, Charlie Whiting mengungkap­kan, Kok­p i t Halo lebih masuk akal ketimbang Aeroscreen. Karena lebih aman dan tak membuat pebalap cedera.

FIA sedang mempertim­b a n g k a n wa c a n a p e ­makaian pelindung kokpit di setiap mo­bil pebalap F1

Sampai sekarang, Federasi Motorsport Internasioal (FIA) dan para petinggi F1 masih meru­muskan dan keputusan akan diu­mumkan pada 1 Juli 2016.

Perangkat Halo itu sendiri merupakan desain pelindung kokpit yang tertutup sebagian. Fungsinya melindungi kepada pebalap dari puing yang terbang. Alat ini pertama kali diperkenal­kan oleh Scuderria Ferrari.

BACA JUGA :  Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sementara itu, Aeroscreen sendiri lebih kepada menyeru­pai kaca yang tempatnya tepat di depan mata pebalap. Saat ini, tim Red Bull masih terus intens mengujinya. Pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo sendiri m e n ­gaku tidak mengalami gangguan peng­lihatan dengan adanya tambahan Aeroscreen di depannya.

Namun, setiap perubahan atau regulasi anyar dalam blap jet darat itu selalu memancing argumen dari para pilot. Beber­apa dari mereka lebih menyukai Kokpit Halo dan sebagiannya lagi cocok dengan Aeroscreen.

Pebalap Tim Williams, Felipe Massa, mengungkapkan Aero­screen yang tengah diujicoba Red Bull, tidak terlalu bagus. “Seju­jurnya, temuan Ferrari lebih baik. Namun, saya mendahulukan kes­elamatan pebalap, jadi sangat penting untuk mencari solusi ter­baik,” kata pria Brazil itu.

BACA JUGA :  Fabio Quartararo Beri Sinyal Hengkang dari Yamaha

Sementara juara dunia F1, Lewis Hamilton, mengaku baru melihat Aeroscreen dari beber­apa gambar. “Saya sempat lihat dari gambar dan saya yakin itu akan terlihat buruk di lintasan,” kata pebalap Mercedes asal Ing­gris itu.

Sementara pebalap McLaren Honda, Fernando Alonso lebih pro pada temuan Red Bull yang menurutnya lebih memi­liki estetika. “Namun, saya rasa FIA akan memutuskan yang terbaik dan muncul pili­han lain untuk solusi terbaik,” kata pebalap Spanyol.

Pebalap Red Bull lainnya, Daniil Kvyat mengaku Aero­screen merupakan pilihan ter­baik jika tujuannya melindungi kepala para pebalap. “Kita harus lihat bagaiman reka­si fans. Saya tak mengeta­huinya, tapi itu penting,” tukasnya. (Rishad/Net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================